Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Mobil Listrik Wajib Punya "Suara" Mesin

Kompas.com - 06/04/2014, 17:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Salah satu potensi masalah yang terjadi di era mobil listrik adalah hilangnya suara “bising” mesin seperti kebanyakan mobil konvensional. Parlemen Eropa memutuskan, dalam lima tahun ke depan setiap mobil listrik harus memiliki sumber suara buatan sebagai peringatan buat pejalan kaki dan pengguna lalu-lintas lain.

Hasil pengambilan suara anggota parlemen memutuskan, semua mobil listrik dan hibrida harus disematkan Acoustic Vehicle Alerting System (AVAS), penghasil suara seperti mesin pada umumnya. Regulasi telah masuk dalam Undang-Undang baru Uni Eropa yang juga menyebutkan mobil dan truk konvensional dengan mesin bensin dan diesel harus menurunkan 25 persen tingkat kebisingan.

 “Mobil listrik tanpa suara bisa jadi pemandangan biasa dalam beberapa tahun ke depan. Kami perlu memastikan semuanya tidak membahayakan. Peranti peringatan suara ini akan menghasilkan suara yang mirip mobil, dengan mesin pembakaran internal agar masyarakat dapat dengan jelas mendengar kendaraan ini,” ucap salah satu anggota Parlemen Eropa untuk Inggris, kepada Dailymail, (2/4/2014).

Mobil listrik tanpa suara dinilai berbahaya buat pedestrian terutama tunanetra. Sebelumnya, menyematkan audio tambahan hanya berlaku sukarela dari pemilik. Komisi Eropa menyebutkan, AVAS memastikan hanya suara layak yang dikeluarkan. Menyematkan peranti ini wajib dilakukan untuk mobil listrik dan hibrida listrik setelah lima tahun masa transisi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com