Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mugen Rilis Sepeda Motor Listrik Kencang

Kompas.com - 04/04/2014, 20:19 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Asaka, KompasOtomotif - Divisi motorsport Honda, Mugen, merilis sepeda motor listrik kencang yang dijuluki Shinden San, di Jepang, Selasa (1/4/2014). Telah disiapkan dua unit yang dijadikan  andalan di kompetisi balap Isle of Man TT Zero kelas Challange pada Mei dan Juni nanti.

Pengembangan tahun ini meliputi sistem pendingan cair baru, peningkatan tenaga, bobot yang semakin ringan, dan dimensi lebih kompak. Kapasitas baterai juga diperbesar dibanding tunggangan musim 2013, yang diberi nama Shinden Ni.

Hampir seluruh detail Shinden San dibuat dari serat karbon. Bahan super ringan diperlukan sebagai kompensasi tambahan bobot paket baterai seberat 240 kg. Selain enteng, rangka, swingarm, dan banyak komponen lainnya diklaim sama kokoh layaknya sepeda motor balap.

Asphalt and Rubber Mugen Shinden San

136 PS
Ukuran baterai menyesaki bagian yang ditutupi fairing. Energi dihasilkan dari 3 tahapan motor listrik racikan Mission Motors, pabrikan OEM asal California. Jantung pacu memang lebih berat dari mesin konvensional, namun kekuatan maksimalnya sebanding dengan 136 PS. Perbaikan tenaga meningkat 10 PS dari pendahulunya.

“Insinyur kami telah bekerja berdampingan dengan tim Mugen Shinden sambil mempelajari data balap mereka. Untuk Isle of Man TT 2014, kami telah menghasilkan pengembangan produk baru yang benar-benar meningkatkan batasan sepeda motor listrik di trek atau tidak,” terang Director of Powertrain Systems Engineering Mission Motors, Mark Sherwood.

Asphalt and Rubber Motor listrik 136 PS seberat 240 kg racikan Mission Motors.

185 kpj
Seluruh tenaga langsung disalurkan ke semua roda tanpa tranmisi. Jadi, duo pebalap, John McGuinness, dan juara TT 9 kali, Bruce Anstey, tidak direpotkan proses penggantian gigi dan kerja kopling. Tuas kopling yang bisasanya berada sebelah kiri setang difungsikan sebagai rem belakang. Bahkan jika diamati lebih dalam, Shinden San tidak punya pedal rem di kaki.

Mugen mengungkapkan, kecepatan maksimal mencapai 185 kpj. Kemampuan manuver dipercayakan pada suspensi Showa. Sedangkan pengurang laju menggunakan produk Nissin.

“Dengan kemampuan pebalap bertalenta, serta pengalaman yang didapat pada 2012 dan 2013, target tim meningkatkan kelas untuk memasuki level baru di saat yang bersamaan. Serta tentu saja meraih kemenangan,” tulis Mugen dalam keterangan resminya, Selasa (1/4/2014).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com