Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Byson dengan "Stripping" Minimalis

Kompas.com - 04/04/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber motorbeam
Delhi, KompasOtomotif - Memasuki bulan keempat tahun ini, Yamaha India mencoba meremajakan salah satu model andalannya, FZ-Series. Kalau di Indonesia, model ini dinamai Byson, terkenal dengan bodinya yang kekar meski menggendong mesin 150cc.

Kalau di India, seri FZ ini ditawarkan dalam tiga varian, FZ-16, FZ-S, dan Fazer yang notabene sama, hanya berbeda tampilan luarnya saja. Kalau FZ-16 merupakan versi paling standar bergaya "naked", FZ-S bergaya mirip (naked), tapi dengan penambahan beberapa aksesori seperti visor, sementara Fazer menggunakan bodi setengah fairing.

Nah, untuk memperbarui rasa sepeda motor lawas dengan penyegaran baru maka dilakukan ubahan warna dan desain striping baru. Paling mirip dengan Byson, adalah versi FZ-16 yang ditawarkan dalam tiga pilihan warna solid, merah, hitam, dan biru. Ketiganya juga terlihat lebih elegan dan dewasa dengan stiker bodi minimalis.

Dalam waktu dekat,  selain melakukan peremajaan tampilan, Yamaha India dikabarkan ingin meningkatkan  kemampuan mesin. Mesin yang saat ini beredar adalah 153cc, satu silinder, bertenaga 14 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,6 NM pada 6.000 rpm, dipadu transmisi manual 5-percepatan.

Untuk generasi terbaru dikabarkan akan lebih bertenaga, menghasilkan 17 PS. Pembaruan wajib dilakukan Yamaha, mengingat rival di segmen yang sama, seperti Bajaj Pulsar 150, Honda CB Trigger, dan Suzuki Gixxer menawarkan sensasi baru yang sulit dibendung.

Lantas bagaimana nasib Byson di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motorbeam
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com