Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Fitur dan Kelengkapan MPV Harga Terjangkau

Kompas.com - 26/03/2014, 17:06 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Walaupun dipatok dengan harga yang terjangkau, bukan berarti MPV kelas bawah, minim keberadaan fitur dan kelengkapan. Beberapa produsen coba menyiasati dengan menjejali fitur-fitur yang bisa dijadikan daya tarik. Kendati demikian harga tetap harus dipertimbangkan agar tetap "bersahabat".

Beberapa kelengkapan yang sudah mulai ditemui adalah ketersediaan layanan in car entertainment. Head unit model 2DIN tak lagi jadi hal spesial. Perangkat tersebut juga harus disertai beberapa fitur seperti bisa menyetel CD dan DVD, punya konektor USB, iPod dan Aux. Bahkan, ada yang memasang monitor di plafon agar penumpang belakang bisa menyaksikan film kesayangan dengan jelas.

Faktor kenyamanan penumpang juga jadi pertimbangan. Pemasangan pendingin model double blower sudah jadi kewajiban. Menariknya, ada juga yang menyediakan sarana untuk meletakkan  minuman dan makanan ringan. Biasanya diletakkan di belakang jok penumpang depan, seperti yang ditawarkan oleh Nissan Evalia terbaru. Plus, sandaran tangan baris kedua yang juga disediakan tempat meletakkan minuman.

KompasOtomotif-Aris Harvenda Kelengkapan menarik yang tersedia di Nissan Evalia terbaru
Keamanan dan keselamatan
Hal baru yang diterapkan di segmen MPV sejuta umat saat ini adalah keyless entry dan start stop, seperti yang dipakai Evalia. Pengguna tak perlu lagi mengeluarkan anak kunci untuk masuk dan menyalakan mesin. Di area tuas pintu, terdapat tombol kecil yang harus ditekan agar pintu tak lagi terkunci. Syaratnya anak kunci berada dekat dengan mobil (misal di saku atau tas yang dibawa). Begitu pula saat hendak menyalakan mesin, cukup memutar kenop yang berada di rumah kontak kunci.

Guna memudahkan proses parkir, bemper belakang ditempeli sensor parkir. Bahkan disediakan pula kamera untuk membantu penglihatan ruang di belakang. Tampilan informasi bisa dilihat di MID yang terletak di dalam panel meter sebelah kanan.

Tak kalah penting adalah ketersedian kantung udara bagi penumpang depan. Perangkat keselamatan tersebut menjadi hal penting dan wajib ada untuk MPV di segmen bawah sekalipun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com