Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Mengemudi dalam Kondisi Mabuk [Video]

Kompas.com - 26/03/2014, 16:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Kampanye larangan mengemudi dalam keadaan mabuk telah santer diperdengarkan, baik oleh berbagai lembaga keselamatan berkendara dan pelaku otomotif. Tetap saja masih banyak orang yang melakukan. Agar semakin memperjelas potensi bahaya, Ford, dalam program Driving Skills for Life (DSFL), mengajak peserta mengemudikan Ford Fiesta melewati rintangan dalam kondisi “mabuk”.

“Program ini bertujuan untuk melatih pemuda, skill yang tidak mereka dapatkan di kursus mengemudi,” ucap Kelli Felker, Ford Safety Communication Manager kepada Autoblog, Rabu (26/3/2014).

Dalam video yang diunggah Ford Eropa ke Youtube, peserta diajak menjajal mengemudi sambil mengenakan Drink Driving Suit berupa kacamata dan perlengkapan khusus yang berfungsi menghadirkan efek mabuk.

Sebelum dimulai, Poppy, salah satu peserta, diminta berjalan di garis lurus dan bermain lempar bola dengan mengenakan kacamata dan kelengkapan khusus. Alat tersebut membuat kordinasi anggota tubuh semrawut. Efeknya perintah sederhana tidak dapat diselesaikan dengan baik. Simulasi tersebut merupakan analogi ketika mengemudi dalam kondisi mabuk. Ketika mengemudi, terbukti pengendara selalu salah perhitungan. Sulit memosisikan bodi saat melewati rintangan, kesulitan dengan blind spot saat parkir mundur, dan telat mengerem saat diperintah.

“Kelengkapan ini membuat Anda seperti mabuk, menggambarkan apa yang terjadi bila berada dalam situasi itu. Tidak banyak yang bisa dilihat, blur, saya tidak bisa melihat ke mana arah tujuan,” ungkap Poppy usai mencoba.

Riset
Ford mengatakan sasaran DSFL langsung ke usia muda yang minim edukasi keselamatan berkendara. Selain mengajak peserta mencoba berbagai macam tantangan modern dalam mengemudi, DSFL juga mengungkapkan hasil riset yang selama ini telah dilakukan.

56 persen dari kelompok usia 17-24 tahun mengatakan, mereka sendiri atau pernah melihat teman mengemudi dalam kondisi mabuk. Sementara itu, 66 persen dari pemuda kelompok usia 17-24 tahun tidak tahu soal batas legal alkohol dalam peredaran darah.

“Ford ‘Drink Driving Suit’ adalah cara pintar membuat orang tidak mabuk mengalami secara langsung bagaimana kemampuan mereka hilang signifikan karena alkohol. Perlengkapan ini membuat kami bisa menunjukan kepada banyak orang sulitnya melakukan aktivitas mudah sekaligus mengajarkan mereka bahaya mabuk lalu mengemudi,” terang Barb Samardzich, CEO Ford Eropa. 

Video lengkap aksi Poppy saat pengetesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com