Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic "Station Wagon" buat Balap

Kompas.com - 20/03/2014, 20:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Swanley, KompasOtomotif - Station wagon, sesuai dengan model, biasanya identik dengan mobil keluarga. Namun tidak demikian dalam benak tim balap British Touring Car Championship (BTCC), Honda Yuasa Racing. Juara BTCC 2012 dan 2013 ini memutuskan memakai Civic Tourer, untuk balapan musim 2014. 

Nyatanya, musim ini Civic Tourer menjadi satu-satunya sekaligus kontestan pertama yang berlaga dengan bodi station wagon, setelah Tom Walkinshaw Racing melakukannya bersama dua unit Volvo 850 pada musim 1994.

Civic varian Tourer memiliki panjang ekstra 235 mm dibanding versi hatchback, dengan kapasitas bagasi 147 liter. Selebihnya hampir tidak ada yang membedakan keduanya. Seluruh rekayasa desain dikerjakan oleh tim Honda Inggris dan Jerman.

Meski dirancang sebagai mobil keluarga, tentu spesifikasi menyesuaikan regulasi BTCC. Racikan mesin 4-silinder, 2.0 liter, turbocharger, diolah mekanik handal dan berpengalaman, Neil Brown. Jantung pacu tersebut mau menyemburkan tenaga lebih dari 300 PS, teknologi yang dibenamkan merupakan cikal bakal versi performa varian Civic Type R yang akan lahir tahun depan. 

Penasaran aksi Civic Tourer melibas Sirkuit? Simak video ini. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com