Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Mundur Lebih Baik Dibanding Sensor Parkir

Kompas.com - 16/03/2014, 11:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Organisasi non-profit AS, Insurance Institute of Highway Safety (IIHS) mengatakan, kamera mundur lebih efektif dibanding sensor parkir untuk mencegah tabrakan saat mobil mobil yang berjalan ke belakang (mundur). Dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (13/3/2014) menjelaskan, sekitar 292 orang terbunuh dan 18.000 lainnya cedera setiap tahun akibat kesalahan ini di AS.

Penelitian dilakukan terhadap pengendara sukarelawan di lahan parkir dengan berbagai tiang beragam warna yang diandaikan sebagai anak kecil 12-15 tahun dengan tinggi bervariasi. Posisi diletakkan di belakang mobil secara acak, sehingga sulit diamati lewat spion tengah dan samping. Melibatkan 21 kendaraan model 2010-2013 yang menggunakan kamera mundur atau sensor parkir, dikendarai untuk menyelesaikan rintangan tersebut, agar mendapatkan teknologi terbaik yang bisa meningkatkan visibilitas dan deteksi.

Tanpa kedua fitur tersebut, SUV bongsor dan pikap mendapatkan hasil terburuk, terbukti memiliki blind spot terbesar dari semua kendaraan yang diuji. Semakin besar dimensi kendaraan maka semakin sedikit jarak pandang.

Kesimpulan, kamera mundur lebih aman sebab rata-rata mengurangi 90 persen blind spot. Sensor parkir dengan mengandalkan gelombang ultrasonic atau radar juga mampu mendeteksi objek di sekitar mobil namun tidak sebaik kamera mundur.

“Sekarang kamera mundur menjadi teknologi yang bisa menanggulangi kejadian tragis seperti ini  yang kerap kali mencederai anak kecil di lingkungan sekitar,” papar David Zuby, Executive Vice President and Chief Research Officer IIHS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com