Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz CLA, Karakter Garang dalam Keseharian

Kompas.com - 13/03/2014, 16:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – CLA Class bagi Mercedes-Benz merupakan pendobrak, baik dari sisi desain maupun filosofi berkendara. Sedan premium ini punya dua karakter, kupe yang sporty dan aerodinamis sekaligus mobil mewah dengan citra elegan. Belum ada kompetitor, model ini pun akan bermain-main di dunianya sendiri.

Presiden dan CEO PT Mercedes Benz Indonesia (MBI), Claus Weidner, menyatakan bahwa Mercedes selalu berupaya menciptakan kelas baru yang tak pernah dilirik merek lain. ”Kami sudah sukses dengan CLS, dan kali ini CLA. Mercedes-Benz selalu melihat pasar dan tren baru, serta potensi kelompok pelanggan baru,” jelasnya.

Donny Apriliananda Wajah buritan, dinamis sekaligus sporty.

Desain
CLA memiliki tampilan proporsional dari kupe klasik, dengan ekspresi sporty. Di depan, bonet berkontur dua ”powerdome” gaya kupe dengan "hidung" berbentuk panah. Kesamaannya dengan tradisi mobil sport ditonjolkan melalui kisi-kisi radiator dengan ram yang terintegrasi dengan lambang bintang sebagai titik tengahnya.

Tampak samping, siluet kupe dramatis dibagi tiga garis karakter yang menonjol di sisi bodi, sehingga semakin memberikan aura maskulin. Bagian depan dan belakang bodi tipe Sport memiliki karakter AMG, seperti kisi-kisi radiator berlian dengan pin aksen krom.

Donny Apriliananda Desain dashboard sangat sporty, dengan LED di tengah.

Nyaman
Kesannya memang galak, tapi kenyamanan di dalamnya setara C atau bahkan E-Class. Kokpit ergonomis dengan tampilan modern sudah muncul dari desain dasbor. Roda kemudi model palang tiga dan di ruasnya ada 12 tombol pengatur seperti audio, multimedia dan mode pengendaraan termasuk cruise control.

Desain jok bergaya balap, ketika KompasOtomotif coba duduki, dekapannya sangat nyaman. Kabin dan ruang kaki luas. Nuansa di dalam cukup mewah dengan banyak aksen unik, seperti lubang AC bulat dengan logo bintang, hingga beberapa area yang dilapis krom. Secara keseluruhan, CLA 200 Sport lebih terkesan sporty dan tangguh di dalam, sedangkan varian Urban lebih menawan.

Donny Apriliananda Jok didesain sporty, tapi ketika diduduki sungguh nyaman.

Galak dan Aman
Mobil ini dibekali mesin bensin 1.595cc, 4 silinder, yang menghasilkan 156 PS @ 5.300 rpm. Daya itu ditransfer melalui transmisi otomatis 7G-DCT (dual clutch transmission). Dengan bobot 1.430 kg, CLA dapat melesat 0 -100kpj dalam 8,5 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar 5.2L /100 km atau sekitar 20 kpl rute kombinasi.

Fitur keamanan tak perlu diragukan, kupe empat pintu ini menawarkan perlindungan menyeluruh dengan lebih dari 10 fitur keamanan, yang dirancang memberikan perlindungan optimal terpadu dalam empat tahap. Seperti, saat berkendara di jalan, dalam keadaan bahaya, pada saat kecelakaan, dan pasca kecelakaan.

Fitur lain, Direct-Steer untuk pengendalian yang nyaman dan lincah, serta sistem ESP untuk menikung dengan presisi. ”Sistem Direct-Steer elektro-mekanis memberikan keuntungan berupa potensi hemat bahan bakar yang cukup besar, karena energi hanya diperlukan untuk manuver,” beber Direktur Pemasaran MBI, Stephan Moebius.

Teknologi lain, sistem parkir aktif yang membantu pengemudi memarkir kendaraan di ruang sempit, atau dalam situasi sulit. Keunggulan yang tak kalah penting paket kenyamanan kursi yang dilengkapi pilihan individualisasi, dapat disesuaikan dengan posisi ergonomis yang diinginkan.

Alhasil, Stephan pun menjamin, bahwa pengendara akan merasa duduk di dalam mobil sport, tapi juga mendapatkan kenyamanan sekelas sedan papan atas. Banderol Rp 639 (Urban) dan Rp 699 (Sporty) off the road Jakarta, rasanya bakal terbayar lunas dengan semua yang didapat konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com