Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan GT-R Nismo 4 Silinder Tetap Galak!

Kompas.com - 04/03/2014, 16:43 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber carscoops

Tokyo, KompasOtomotif – Nissan GT-R Nismo sudah malang-melintang di berbagai ajang balap mobil  dunia. Untuk Japan Super GT Series, regulasi berubah, disamakan dengan balap German Touring car Masters (DTM) yang membuat para insinyur Nissan dan Nismo merombak spesifikasi mesin.

Bertarung di kelas GT500, Nissan GT-R Nismo yang berbekal mesin jalanan 3.800cc twin-turbocharged, V6 (enam silinder), bertenaga 600PS, diubah konfigurasinya menjadi 2.000cc, turbo, empat silinder, dengan kode NR20A. Mesin ini benar-benar baru dan khusus dikembangkan untuk ajang balap.

Youtube Mobil menjadi lebih ringan dan cepat ketimbang versi sebelumnya dengan mesin 6 silinder.

Peraturan lain yang mewajibkan perombakan adalah penggunaan sasis monokok, transmisi, rem, dan tangki bahan bakar yang sama. Semua peranti wajib itu komposisinya mencapai 70 persen. Nissan hanya diberi kebebasan untuk mengembangkan paket mesin dan aerodinamka.

”Sejujurnya, dengan paket baru, terutama penggunaan silinder lebih sedikit, mobil lebih ringan. Dari uji coba kami, mobil ini lebih cepat satu sampai dua detik dari model lama. Bahkan saat tes di Sepang, rekor sirkuit bisa kami pecahkan,” kata Yutaka Suzuki, GM, Race Engineering Nismo dalam video persiapan tim.

Tidak disebutkan berapa tenaga yang dihasilkan dari mesin baru ini. Namun Yutaka mengatakan bahwa sudah cukup untuk memberi ”efek wow” di depan para penonton yang akan menyaksikan balapan ini kelak.

Simak persiapan aktivitas balap Nissan dengan GT-R Nismo barunya saat beruji coba di Fuji Speedway, Jepang, dalam tayangan video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber carscoops


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com