Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan ”FJ-09”, Sport Tourer 3 Silinder?

Kompas.com - 04/03/2014, 12:35 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif – Yamaha kembali ketahuan sedang mematenkan nama untuk produk baru. Dari berkas aplikasi yang masuk di United States Patent and Trademark Office—semacam badan pematenan nama dan merek di Amerika Serikat—tampak ada nama ”FJ-09”. Diduga, nama ini akan digunakan untuk sepeda motor sport touring berkonfigurasi mesin 3 silinder.

Dalam berkas, dicantumkan bahwa ”FJ-09” akan dipakai untuk sepeda motor, skuter, skuter roda tiga, dan komponen. Yamaha sudah pernah mengatakan bakal memproduksi lagi sepeda motor bermesin 3 silinder setelah model sport telanjang FZ-09 atau MT-09 di Eropa.

Sebelumnya, juga sudah pernah masuk pematenan nama YZF-R3 dan R3, yang menimbulkan spekulias model sportbike tiga silinder. Namun, jika dilihat dari kebiasaan pemakaian nama, angka ”3” bukan menjadi simbol jumlah silinder, tapi lebih ke arah kapasitas silinder. Inilah yang membuat dugaan ”FJ-09” akan menjadi model dengan mesin tiga silinder selanjutnya.

Sampai detik ini Yamaha masih memakai nama produk berkode FJ, bermula pada 1984 hingga 1996 dengan model FJ1100, lalu diikuti FJ1200. Yang masih eksis sampai saat ini adalah FJR1300 dengan model touring yang besar dan stabil untuk berkendara jarak jauh. Juga ada pernah menelurkan FJ600 atau XJ 600 di sejumlah pasar lain.

Andai benar, ”FJ-09” akan dimasukkan di bawah FJR1300A dan FJR1300ES sebagai jajaran sport-touring, dan bisa jadi menggantikan FZ1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com