Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Gerak Semua Roda Wajib untuk Mobil Perkebunan

Kompas.com - 01/03/2014, 08:00 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Medan, KompasOtomotif - Di area perkebunan, khususnya kelapa sawit, tidak semua kendaraan bisa dipakai sebagai mobil operasional, terlebih saat musim hujan. Sebab, hampir 80 persen kondisi jalan berkarakter off-road yang memiliki permukaan dari tanah. Saat musim hujan, kondisi permukaan berubah menjadi becek dan lembek, tak sedikit pula berlumpur.

"Sistem gerak semua roda merupakan kelengkapan yang wajib dimiliki mobil operasional di area perkebunan sawit. Apalagi saat musim hujan," terang Sugito, Estate Manager PT PP London Sumatera Indonesia Tbl. Begerpang Estate, di Medan, Jumat (28/2/2013).

Keberadaan sistem gerak tersebut ternyata belum cukup membuat mobil berjalan mulus di atas lintasan tanah yang becek. Ban yang digunakan, lanjut Sugito, harus memakai tipe All Terrain untuk memberikan daya cengkeram yang baik.

Hal wajib yang jadi pertimbangan lain adalah ketahanan komponen. Sebab kontur jalan yang cenderung bergelombang dan rusak, memberikan tugas berat beberapa komponen khususnya kaki-kaki. "Biasanya yang sering cepat rusak adalah booshing dan tie rod," tutup Sugito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com