Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Strada Triton Hi-Power, Pikap buat Bos Tambang

Kompas.com - 27/02/2014, 14:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Mitsubishi Strada Triton Hi-Power terlahir sebagai "bangsawan". Posisinya menggantikan varian Exceed sebagai tipe tertinggi di keluarganya dengan tampang dan kelengkapan paling top. Meski demikian, bukan berarti dia menjadi anak manja, karena tenaganya jauh lebih besar dan siap digeber di medan apa pun.

Imam Choiru Cahya, Head of PC and LCV Dept PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, mengatakan bahwa Triton Hi-Power memang lebih ditujukan untuk konsumen yang "peduli" gaya hidup. "Sasarannya market retail, untuk para VIP tambang dan perkebunan yang membedakan mobilnya dengan kendaraan operasional. Tipe ini juga untuk para penghobi off-road dan adventure, bisa dipakai pula untuk penggunaan private, meningkatkan gaya hidup di perkotaan," bebernya.

KompasOtomotif-Donny Head unit pakai model 2DIN
Ya, keturunan bangsawan membuatnya tetap parlente. Tampang lebih berkelas dibanding varian lain dengan gril dua garis krom yang mewah. Interior lapang dan modern menyajikan fitur lengkap, termasuk balutan kulit pada jok dan setir. Head unit 2DIN menambah kenyamanan pengendara, dilengkapi multi mode meter dengan LCD yang menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan bakar, suhu udara di luar, hingga jarak tempuh.

Tenaga Dahsyat
Daya besar dihasilkan dari mesin diesel DI-D 2.5L DOHC dengan Variable Geometry Turbo, yang memaksimalkan kerja turbin untuk mendapat torsi dan tenaga lebih di setiap putaran. Soal ini, diklaim sangat positif oleh Rifat Sungkar, pereli nasional yang mengawal para media untuk menjajal trek reli buatan sepanjang 1,5 km.

KompasOtomotif-Donny Punya tenaga lebih besar
"Mobil ini tenaganya sangat gila. Jauh lebih besar ketimbang varian sebelumnya. Lihat dan rasakan, tidak ada gejala kurang tenaga di setiap putaran mesin, terus besar kapan pun kita mau," komentarnya sembari membawa KompasOtomotif, mengitari sirkuit buatan dengan kecepatan tinggi.

Menariknya, fitur-fitur andalan tetap terpasang. Mulai perpindahan penggerak roda shift on the fly, yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak dari 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (dengan syarat kecepatan di bawah 100 kpj).

Aman dan Nyaman
Ada fitur Limited Slip Differential (LSD) yang membuat mobil pikap ini tetap stabil saat melakukan manuver ekstrem di segala medan. Belum lagi deretan fitur keamanan seperti RISE Body yang mampu menyerap energi benturan, dual SRS Airbag, pedal rem yang akan melipat saat terjadi benturan, hingga setir yang bisa patah sendiri ketika mobil bertumbukan. ABS dan EBD menjadi peranti standar untuk memaksimalkan kerja rem.

Saat ini, Strada Triton punya tujuh varian. Single cab HDX dan GLX, Double Cab HDX, Double Cab GLS (matik dan manual), serta top of the line Double Cab Hi Power (manual dan matik).

"Komposisi penjualan paling besar tipe HDX sebesar 30 persen, diikuti GLS 25 persen. Hi Power sendiri ditargetkan terjual 1.000 unit per bulan dengan sumbangsih penjualan 15 persen," terang Duljatmono, Operating General Manager of Mitsubishi Motors Corporation Marketing Division.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com