Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“XchangE” Gambaran Otonomos Masa Depan (Bagian 1)

Kompas.com - 20/02/2014, 06:55 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Rinspeed Kegiatan saat mobil otonomos jalan sendiri
Rinspeed Tempat duduk pengemudi bisa diputar
Rinspeed Jok belakang dilipatg, tersedia monitor UHD yang menawarkan gambar video sangat terang dan detail
Rinspeed Saat pengemudi mengambil alih kemudi

Jenewa, KompasOtomotif – Mobil otonomos yang bisa mengemudi sendiri, menurut produsen sudah bisa dijual pada akhir dekade ini. Kalau sudah begini, orang kaya tidak perlu supir lagi (privasi lebih  terjaga), kemungkinan kekekacauan lalu lintas berkurang, begitu juga dengan kecelakaan. Sementara, pengemudi dan penumpangnya bisa berleha-lehe, melakukan berbagai aktivitas yang disukai atau melakukan pekerjaan yang harus diselesaikan sembari melaju pada kecepatan 120 kpj. 

Pertanyaan yang muncul, apa yang akan berubah dengan mobil nantinya bila otonomos menjadi kenyataan? Untuk menjawabnya, kita bisa mengikuti gambaran Rinspeed, perusahaan asal Swiss yang sering menelurkan mobil-mobil unik di Geneva Motor Show.

Untuk pameran tahun ini, dimulai 4 Maret mendatang (untuk wartawan), Rinspeed sudah menyiapkan konsep otonomos yang mewah dan canggih. Mobil tersebut diberi nama “XchangE”, mobil listrik Tesla yang telah dimodifkasi oleh 4erC dengan tradisi Helvetic (sebutan Latin untuk Swiss) bersama Esoro.

Untuk menampilkan “XchangE” dengan berbagai pernak-pernik dan kehebatan teknologinya, Rinspeed mengajak tidak kurang 24 perusahaan asal Swiss, Austria dan Jerman dengan berbagai keahlian khusus.

Ruang Keluarga Berjalan
Saking mewahnya, Frank M. Rinderknecht, bos Rinspeed menyebut “XchangE” sebagai kantor atau ruang keluarga berjalan. Pengemudi mobil ini memperoleh kemewahan dan kenyamanan seperti penumpang pesawat kelas bisnis.

Alasan Rinspeed, memunculkan ide ini, sekarang sebagian besar produsen mobil sedang melakukan setuhan akhir terhadap teknologi otonomos. Karena itu, perubahan akan terjadi dalam waktu dekat.

”Sejauh ini setiap orang sudah bekerja dengan keras sampai ke kesimpulan logis, menempatkan dirinya sebagai pengemudi. Dengan otonomis, saat mobil melaju cepat, pengemudi tidak perlu lagi melihat ke jalan dan terus memegang setir. Nantinya, pengemudi menghabiskan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat,” jelas Rinderknecht.

Interior
Konsep otonomos yang disodorkan Rinspeed untuk interior, menggunakan jok serbabaru yang bisa mengingat, dengan standar kualitas dan setelan rileks di kelas bisnis pesawat terbang. Jok bisa dimiringkan dan diputar dibuat oleh produsen kursi medis terkenal di dunia asal Swiss, Otto Bock Mobility Solutions.

Hasilnya, kursi dengan 20 lebih setelan, sekaligus memecahkan rekor dunia. Selanjutnya, TRW menyumbang setir masa depan, hanya bisa diputar oleh tangan yang telah ditentukan. Informasi kontrol mengemudi, ditayangkan pada jari-jari setir disertai pula kunci multifungsi transparan dengan pencahayaan lingkungan di tengah panel instrumen. Setir dianggap inovatif karena dirancang secara bionik oleh Georg Fischer Automotive.

Semakin hebat dengan teknologi “steer by-wire” yang dikembangkan oleh Swabian Company Paravan, dengan konsep seperti yang diterapkan di pesawat jet modern. (Bersambung)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com