Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

Dominasi Avanza Sulit Ditumbangkan di Riau

Kompas.com - 18/02/2014, 13:33 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Pekanbaru, KompasOtomotif – Toyota Avanza benar-benar sulit "dipukul mundur". Setidaknya, hal ini tampak dari penjualan di luar Jawa, salah satunya Provinsi Riau yang mampu menguasai pangsa pasar di segmennya di atas 50 persen.

Mahmud Fauzi, Kepala Cabang Agung Automall (AAM) Sutomo, Pekanbaru, mengatakan kepada KompasOtomotif (17/2/2014), penjualan Avanza selama 2013 mencapai 4.214 unit, atau menguasai 51,53 persen pasar low MPV di Riau dengan total 8.177 unit.

"Dengan besarnya kepercayaan yang diberikan masyarakat di sini, oleh karena itu kami berusaha untuk selalu menghadirkan yang terbaik, tidak hanya dalam segi produk, tapi juga dalam segi layanan,” beber Fauzi.

Layanan Ekstra
Salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen, khususnya di daerah, sebelum membeli kendaraan adalah jaminan servis dan pelayanan. AAM sangat concern akan hal ini dengan memperbanyak jaringan servis di luar dealer. Saat ini di Riau ada enam dealer 3S, itu pun masih ditambah dengan 13 servis point di setiap Kabupaten di Provinsi kaya itu.

Servis point adalah kepanjangan tangan dealer untuk menjangkau konsumen yang tinggal jauh dari pusat kota. ”Memang bukan dealer, tapi ini menjadi ujung tombak. Saya beri contoh, daerah Tembilahan di perbukitan yang jaraknya 7 jam perjalanan menuju Pekanbaru. Nggak mungkin konsumen dari sana mau servis ke pusat kota. Ini gunanya servis point,” pungkas Fauzi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com