Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Profil Yamaha R15 Versi Ke-3

Kompas.com - 13/02/2014, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Yamaha R15 belum juga mengaspal di Indonesia. Namun, versi barunya sudah diisukan bakal muncul di India. Dilaporkan beberapa situs India, versi facelift ini akan melenggang pada akhir tahun, dengan beberapa perubahan mendasar.

Seperti dikutip Zigwheels yang sempat bertemu Managing Director Yamaha Motor India Masaki Asano, perusahaan itu saat ini sedang fokus mengembangkan pasar skutik di India. Namun, model R15 juga menjadi sasaran lain karena sudah sangat lama tak mendapat perubahan wajah.

"Disudutkan" demikian, Asano memberi jawaban yang terkesan positif. "Kami tak menampiknya," begitu ucapnya singkat tanpa mau berkomentar lagi.

Sepeda motor sport 150 cc ber-fairing itu muncul kali pertama pada 2008, tetapi kurang mereguk sukses. Lalu versi ke-2 muncul pada September 2011, dan menjadi populer serta mudah ditemui di jalanan India. Model yang sudah diterima pasar itu pun bakal dipermak menjadi versi ke-3.

zigwheels Yamaha R15 Special Edition saat mejeng di Delhi Auto Expo 2014.

Belum ada yang memastikan soal parasnya. Namun, Motorbeam mereka-reka bahwa R15 anyar akan mendapat banyak perubahan, dengan fokus pada faktor performa. ECU akan diperbarui, sehingga diharapkan mendukung pencapaian torsi yang berlimpah. Tentu, tenaga akan ditambah dari 17 PS menjadi 19 PS, dan torsi dari 15 Nm naik satu poin menjadi 16 Nm.

Di Delhi Auto Show lalu, Yamaha R15 dipajang dengan edisi spesial. Tidak ada pengumuman bakal dijual, tetapi penampilannya sudah cukup menggoda dengan desain grafisnya dan pelek yang berwarna emas. Sementara itu, lengan ayun dan knalpot diganti dengan spesifikasi balap.

Jika R15 versi ke-3 mulai muncul pada akhir tahun ini, maka Indonesia diperkirakan akan kebagian jatah lebih lama lagi. Bisa jadi, 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com