Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor BMW Juga Gunakan “Laserlight”?

Kompas.com - 13/02/2014, 16:53 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - BMW hampir memastikan diri menjadi produsen otomotif pertama yang memproduksi lampu depan berteknologi laser –disebut laserlight- pada mobil. Plug-in hibrida i8 rencananya jadi produk pertama yang menggunakan. Pabrikan asal Jerman itu menyatakan, terapan teknologi ini tidak hanya bisa digunakan mobil, beberapa sumber internal berbisik, laserlight akan disematkan pada sepeda motor BMW di masa depan.

“BMW laserlight adalah pencahayaan ideal sebagai sumber cahaya utama kendaraan. Menggabungkan performa dan keamanan yang efisiensi. Hasilnya, pengalaman berkendara jauh lebih nyaman dan aman. Semua faktor penting tersebut akan sangat sempurna jika diterapkan pada sepeda motor BMW,” ujar salah satu sumber kepada BMW Motorcycle Magazine, Selasa (11/2/2014).

Diakatakan, jenis lampu yang menyerupai cahaya matahari sudah banyak diproduksi di mobil-mobil baru, dan kini tidak asing lagi buat konsumen mobil, namun tidak demikian untuk sepeda motor. Kelebihan berupa jangkauan, kekuatan, dimensi, dan bobot dirasa akan sangat berguna buat tunggangan roda dua, terutama saat berkendara di malam hari.

Sejak pertama kali diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2011, aplikasi laser pada sumber cahaya utama kendaraan dianggap sebagai inovasi hebat untuk sistem penerangan. Pada i8, kekuatan cahaya yang dihasilkan dua kali lebih baik daripada jenis LED. Konsumsi daya 30 persen lebih irit dan lampu jauh sanggup menerangi hingga 600 m. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com