Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupu-Kupu Malam Menangkan Kontes Yaris Show Off 2014

Kompas.com - 04/02/2014, 17:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Yaris garapan Kupu-Kupu Malam akhirnya dinobatkan menjadi The King Yaris Show Off (YSO) 2014. Proses penjurian berlangsung Minggu (2/2/2014), namun pengumuman baru terlaksana hari ini, Selasa (4/2/2014). 

"Semoga melalui ajang YSO, kreatifitas anak muda kian terasah. Kami berharap gelaran ini dapat terus menjadi agenda tahunan yang penting bagi para pengguna Yaris khususnya yang berjiwa muda dan kreatif. Bertepatan dengan Toyota Appreciation Night, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua peserta yang telah memberikan kreativitas unik dan segar," papar Johnny Darmawan, Presdir Toyota Astra Motor di Grand Indonesia, Jakarta.

Adu kreasi pada YSO 2014 menampilkan 9 kontestan hasil pemilihan 30 peserta yang mendaftarkan diri. Dewan juri mengaku sedikit kesulitan menentukan sang jawara dan pemenang 11 kategori, sebab kadar modifikasi masing-masing peserta telah berhasil menawarkan pengembangan konsep dari YSO sebelumnya.

Penilaian diukur dari kualitas pengerjaan, nilai estetika, kondisi produk di semua sektor (eksterior, interior, kaki-kaki, multimedia, gadget, audio, dan mesin). Syarat utama yang harus dipenuhi, setiap mobil harus layak jalan dan tidak melucuti aspek keamanan.

Kupu-Kupu Malam menghadirkan ide kreatif dengan permainan modifikasi di semua lini mengandalkan konsep teknologi hibrida. Sedikit berbeda, mobil ini menggabungkan dua sistem gerak. Pertama, mesin asli Yaris plus turbo dan beberapa komponen produk aftermarket untuk menggerakkan roda depan.

Kedua, mesin listrik bertenaga 10 KW yang disematkan ke kedua roda belakang. Sistem ini dikendalikan remote control, KompasOtomotif menyaksikannya sendiri mobil dapat bergerak maju-mundur tanpa bantuan pengemudi.

Fitur lain, sistem audio bisa dikendalikan operating system android, membuka-tutup pintu menggunakan nada siulan. Selain meraih gelar raja, Kupu-Kupu Malam juga mendapatkan kategori Best Bodykit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com