Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-Benz V-Class 2014 Tambah Cantik

Kompas.com - 03/02/2014, 18:19 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Diciptakan sebagai kendaraan komersial di negara asalnya, Mercedes-Benz V Class berevolusi sebagai MPV mewah. Pasalnya, produsen asal Jerman itu melakukan face-off besar-besaran, hingga membuat tampang van medium ini semakin "cantik".

Dijelaskan, wajah baru generasi penerus Viano itu mengadopsi eksterior dinamis, terinspirasi desain beberapa mobil mewah Mercy lain seperti CLA-Class hingga E-Class baru. Bagian depan cukup familiar, dengan lampu utama yang ”mengalir” diikuti desain gril dinamis. Sementara di belakang dipasang kaca lebar dan lampu kecil.

Mercedes-Benz Buritan dengan kaca lebar dan lampu kecil.

Mewah
Masuk ke dalam lebih ciamik lagi. Desain mengikuti tren terkini dengan gaya interior minim sudut, lubang AC bulat, hingga penunjuk kecepatan analog. Kemewahan terpancar dari layar sentuh yang muncul di tengah.

Konfigurasi tempat duduk ditawarkan untuk enam dan delapan penumpang, bergantung pilihan konsumen. Disiapkan pula beragam aksesori dan konfigurasi tambahan, tentu dengan penambahan biaya untuk menyelaraskannya.

Mercedes-Benz Interior canggih dengan karakter tanpa sudut.

Mesin menggunakan generasi baru, 6-silinder, 2.1L, atau pilihan lain 4-silinder turbodiesel. Tenaga yang dikeluarkan ada tiga pilihan, 136, 163, atau 190 PS. Transmisinya otomatis 7-percepatan. Semua varian menggunakan penggerak roda depan, tapi versi all-wheel drive diyakini akan bergabung dalam waktu dekat.

Mercedes-Benz Kabin penumpang bisa disesuaikan konfigurasi tempat duduknya.

Canggih
Sebagai pelengkap, ada fitur Crosswind Assist, mampu mendeteksi angin kencang dari samping dan mencegah mobil melenceng dari jalur. Lalu ada Attention Assist, yang mampu membaca mata pengemudi yang sedang mengantuk ketika berkendara. Ditawarkan pula kamera 360 derajat untuk mengetahui kondisi luar. Dengan Active Parking Assistance Systems, memarkir kendaraan dengan bodi bongsor jadi lebih mudah.

Varian ini dijadwalkan mulai dipasarkan di Jerman, Mei 2014, dengan harga dasar 42.900 Euro atau setara Rp 708 juta di luar pajak. Disertakan pula varian "pekerja", yang disebut Vito, dengan kaca belakang tertutup, pelek ”kaleng”, dan bemper plastik berkelir hitam. Varian ini akan meluncur akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com