Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha M1 MotoGP Masih "Belum Pas" buat Rossi

Kompas.com - 30/01/2014, 19:26 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Harapan para penggemar, Valentino Rossi bisa kompetitif dibanding musim 2013 masih tipis. Dalam wawancara khusus dengan Kouichi Tsuji, bos tim pengembangan Yamaha YZR-M1 MotoGP yang dikutip Insella.it, (29/1/2014), ditegaskan bahwa sepeda motor masih dikembangkan berdasar gaya Lorenzo.

Bahkan Tsuji mengisyaratkan Rossi untuk terus beradaptasi dengan sepeda motor saat ini. ”Dari 2004 sampai 2009, kami mengembangkan sepeda motor dengan gaya Valentino. Lalu di 2010, Rossi cedera dan kejuaraan dimenangkan Lorenzo. Tentu tahun berikutnya kami mengubah sesuai gaya Lorenzo. Situasi yang dirasakan Rossi ini sama seperti yang Lorenzo alami (dulu),” katanya.

Dijelaskan pula, bahwa Yamaha tidak bisa memberikan sepeda motor yang sesuai dengan gaya Rossi. Bukan karena uang, tetapi karena waktu yang terlalu sempit. Bahkan Tsuji dengan yakin menyatakan, andai Yamaha memberikan sepeda motor seperti pada 2009, Rossi belum tentu sebagus dulu karena banyak faktor.

Sayang, tidak dijelaskan perbedaan antara ”M1 Rossi” dan ”M1 Lorenzo”. Namun dari pengakuan Rossi, stabilitas pengereman tidak baik, perbedaan bisa jadi dari setelan kaki-kaki, posisi, hingga performa pengereman. ”Yang jelas, semua pengembangan untuk Rossi tahun ini sudah mendekati apa yang dirasakan Lorenzo,” tutup Tsuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com