Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal Menarik pada Formula 1 2014

Kompas.com - 30/01/2014, 14:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber autocar

London, KompasOtomotif — Seri perdana balap Formula 1 2014 yang terbagi 19 seri dimulai pada 16 Maret di Melbourne, Australia, dan berakhir di Yas Marina Circuit, Abu Dhabi, pada 23 November.

Motorsport paling mahal ini mengalami perubahan cukup besar tahun ini. Setiap tim ditantang menggunakan mesin yang semakin efisien, termasuk menggunakan turbocharger dan energy recovery system (ERS).

Nomor pebalap juga sudah ditentukan. Tahun ini juga merupakan musim kembalinya Kimi Raikkonen ke Ferrari yang berada dalam pilihan antara "bertarung habis" atau membantu Fernando Alonso.

Ada 10 hal menarik pada ajang adu cepat tersebut sepanjang tahun ini. 

1. Turbocharger
Ini kali pertama balapan tersebut menggunakan mesin V6 1,6 liter atau mesin dengan kapasitas kecil yang dipasangi turbochargerTujuannya untuk mendekatkan teknologi F1 ke mobil-mobil konvensional. Setiap mesin punya hybrid energy recovery system (ERS), mengembalikan energi yang terbuang saat mobil direm. Jumlah bahan bakar yang dibawa juga dibatasi. 

f1technical Perbedaan Ferrari F138 (2013) dan F14T (2014)

2. "Hidung" baru F1
"Hidung" F1 kini tampil dengan desain baru, yang antara lain lebih rendah. Bentuknya pun aneh-aneh itu. Alasan mereka, demi aerodinamika dan lolos uji tabrak.

espnf1 Desain mobil F1 mjusim 2014

3. Kimi Raikkonen
Juara dunia F1 2007 ini membalap bersama Ferrari. Pria asal Finlandia ini pun tetap digaji oleh Ferrari walaupun aktif dalam World Rally Championship pada 2010 dan 2011. Setelah itu, ia kembali ke F1 pada 2012 dan 2013 bersama tim Lotus. 

4. Kevin Magnussen
Putra pebalap Jan Magnussen, Kevin Magnussen, akan mendampingi Jenson Button di McLaren. Terobsesi mengikuti jejak sang ayah, Kevin sudah menghabiskan banyak waktu untuk mencoba simulator balap di pusat riset McLaren.

5. Sirkuit baru
Austrian Grand Prix kembali ke kalender F1 setelah absen 10 tahun. Berkat Red Bull, kini seri ke-8 akan digelar di Red Bull Ring, Spielberg, pada 22 Juni. Rusia juga mendapat jatah menggelar seri ke-16 di Sochi International Street Cirkuit pada 12 Oktober.

6. Kamui Kobayashi
Pebalap Jepang ini mengikuti musim 2014 bersama Caterham setelah absen selama semusim. Ia dikenal pantang menyerah. Prestasi terbaiknya, naik podium di Japanese Grand Prix pada 2012.

7. Kontroversi
Salah satu keputusan paling kontroversial adalah ketentuan baru berupa menggandakan poin pada seri terakhir di Abu Dhabi. Hal ini dianggap berlebihan. Namun, Federasi Otomobil Internasional (FIA) berharap agar pebalap yang berada di posisi kedua tidak menyerah. 

8. Ron Dennis
CEO McLaren, Ron Dennis, kembali ke sirkuit. Kejelian dan kematangan Dennis mengamati semua unsur secara detail akan membakar semangat McLaren. 

9. Juara dunia
Sudah bukan rahasia lagi, juara musim 2013, Sebastian Vettel, dan rekan satu timnya di Red Bull, Mark Webber, tidak saling dukung. Apakah hal tersebut akan terjadi lagi pada musim ini?

10. Ban baru
Pirelli telah memasok ban untuk semua tim F1 selama tiga tahun berturut-turut. Musim kemarin, material baru membuat manajer tim, pebalap, dan fans geram. Apakah tahun ini terulang lagi? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autocar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com