Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pamor Sepeda Motor Sport Siap Menggeser "Bebek"

Kompas.com - 27/01/2014, 17:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia mengatakan permintaan konsumen Indonesia terhadap sepeda motor kelas sport, terutama jenis fairing, semakin bertumbuh pesat. Eko Prabowo, GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, tingginya popularitas sport terus mengikis segmen bebek (cub).

“Tren masyarakat sekarang akan meninggalkan sepeda motor bebek, beralih ke sport. Berbeda dengan skutik yang masih dibutuhkan dengan alasan kemudahan fungsional,” papar Eko, akhir pekan lalu, saat peluncuran “7 Wonders from Yamaha”, di Canggu, Bali.

Menurut data AISI, sepanjang 2013 segmen bebek dan sport Yamaha bersaing ketat. Empat model bebek Jupiter Z, Vega, Force, dan Jupiter MX menyumbang 562.724 unit. Masih sedikit di atas sport yang diwakili tiga model, V-Ixion, Byson, dan Scorpio, sebesar 544.162 unit.

Eko menambahkan, kehadiran dua model sport fairing terbaru pada tahun ini, yaitu R15 dan R25, bisa mendongkrak penjualan di segmen sport dan semakin menggerus bebek. 

Jasa
“Dulu tipe konsumen lebih menyukai sepeda motor sport jenis cruiser seperti Tiger atau Scorpio. Sekarang fairing sudah populer. ” timpal Radityo A.D, Brand Manager Marketing Planning & Strategy YIMM.

Sebelum masuk ke segmen sport fairing, YIMM menggunakan jasa Scorpio yang sudah mengabdi lebih dari 12 tahun di Indonesia. Versi edisi spesialnya baru saja diluncurkan, dengan maksud memancing perhatian masyarakat ke model sepeda motor sport selain V-Ixion yang sudah sangat populer. Tahun lalu, sport naked ini terjual 470.025 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com