Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia: Bensin RON 95 Hanya untuk Rakyat Miskin!

Kompas.com - 27/01/2014, 10:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Petaling Jaya, KompasOtomotif — Demi mengurangi biaya yang dikeluarkan pemerintah dan memastikan subsidi bahan bakar sesuai peruntukannya, Pemerintah Malaysia segera memberlakukan peraturan baru bahwa bensin RON 95 (di sini sekelas Pertamax Plus, Shell V-Power, Total Performance 95) hanya untuk rakyat miskin.

Menteri Wilayah Persekutuan Malaysia Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor mengatakan pada Jumat (24/1/2014) bahwa kebijakan baru ini akan diberlakukan pada Mei atau Juni mendatang. "Kami ingin memastikan bahwa kenaikan harga bahan bakar hanya untuk yang mampu membelinya. Seseorang naik (Toyota) Alphard atau Mercedes, tapi mereka masih pakai bensin RON 95," ujarnya.

Saat ini, di Malaysia hanya tersedia dua jenis bensin. Harga bensin RON 95 dipatok 2,10 ringgit (Rp 7.650) atau sudah disubsidi 63 sen (Rp 2.300). Sementara itu, bensin RON 97 sama sekali tidak disubsidi, dihargai 2,80 ringgit (Rp 10.200). Sama seperti di Indonesia, harga itu bisa naik atau turun bergantung harga minyak dunia dan situasi pasar.

Tengku Adnan menambahkan, rencana ini sudah lama diajukan dan sudah beberapa kali, tetapi selalu gagal. Dia menegaskan bahwa inilah saat yang tepat sambil pemerintah mencari metode yang tepat. Hingga kini, rencana pembatasan BBM bersubsidi itu masih dalam pembahasan perdana menteri.

"Kami melakukan ini untuk masa depan bangsa. Kita bisa saja mengadopsi pendekatan populis dan memecahkan masalah hari ini, tetapi mungkin berakhir dengan membunuh masa depan kita sebagai bangsa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com