Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leonardo DiCaprio Bos Tim Venturi Formula E

Kompas.com - 22/01/2014, 15:11 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

http://www.fiaformulae.com/ Demo Formula E di Las Vegas pada awal minggu bulan ini
Venturi Automobiles VBB-3 akan menjadi mobil listrik tercepat, bisda dikebut 700 kpj

Monaco, KompasOtomotif — Untuk membuat balapan Formula E atau Formula listrik yang telah direstui oleh FIA semakin menarik, salah satu tim yang sudah memastikan ikut, Venturi Automobiles asal Monaco, mengajak pelakon utama film Titanic, Leonardo DiCaprio, sebagai pendiri. Tidak tanggung-tanggung, nama DiCaprio langsung dicantumkan pada deretan pertama bersama tiga pendiri lainnya, yaitu Gildo Pallanca Pastor, pionir mobil listrik Venturi Automobiles, bersama Bert Hedaya dan Francesco Costa.

Kepastian DiCaprio sebagai salah satu pendiri tim Venturi Formula E diumumkan pada minggu pertama Desember 2013 di markas Venturi Automobile.

Balap Formula E berlangsung di sirkuit tengah kota dan dimulai dari Beijing pada September 2014. Di ASEAN, salah satu negara yang sudah memastikan menyelenggarakan balap ini adalah Malaysia, yang diadakan di pusat pemerintahan negara tersebut, Putrajaya, pada 18 Oktober 2014.

Kota lain yang menyelenggarakan balap ini pada 2014 yaitu Rio de Janeiro, Brasil (15 November); Punta De Elte, Uruguay (13 Desember); serta pada 2015 yaitu Beunos Aires, Argentina (10 Januari); Los Angeles, AS (14 Februari); Miami (14 Maret); Monte Carlo (9 Mei); Berlin (30 Mei); dan London (25 Juni).

“Masa depan planet kita tergantung pada kemampuan kita membuat kendaraan yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Venturi Grand Prix memperlihatkan visi ke depan yang hebat, memutuskan mendirikan tim balap ramah dengan lingkungan. Saya senang sebagai bagian dari usaha ini,” komentar DiCaprio.

Venturi menyebutkan, mobil balap Formula E yang akan berlaga di 10 kota besar tersebut bisa ngacir mencapai kecepatan 225 kpj. Ambisi tak kalah menarik dari tim ini, motor listrik Formula E buatan tim ini akan digunakan sebagai salah satu penggerak streamliner, Venturi VBB-3 yang menghasilkan tenaga 3.000 PS. Mobil ini rencananya akan dikebut di Dataran Garam Bonnvenville untuk membuat rekor tercepat mobil listrik, yaitu 700 kpj pada 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com