Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2013: Toyota Kuasai 90 Persen Pasar Taksi

Kompas.com - 22/01/2014, 10:52 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Didik Design & KompasOtomotif Penjualan taksi dari Januari - November 2013
Handoko Subianto/Autonetmagz.com Sedan Toyota Etios digunakan Golden Taxi di Surabaya

Jakarta, KompasOtomotif — Kebutuhan taksi berupa kendaraan penumpang jenis sedan cukup tinggi di Indonesia. Selama 11 bulan dalam tahun 2013, penjualan taksi berupa sedan mencapai 13.018 unit atau rata-rata 1.183 unit setiap bulan.

Berdasarkan data penjualan dari anggota Gaikindo, produsen yang menyediakan produknya untuk taksi tahun lalu adalah Toyota (Limo atau Vios, Etios, dan Mark X), Kia (Cerato), Proton (Wira), Nissan (Almera), Hyundai (Excel III), dan Chevrolet (Kalos dan Lova). Pada tahun lalu, Proto tidak lagi menjual produk untuk taksi sama sekali.

Dari semua merek tersebut, baru Vios yang diproduksi Indonesia pada akhir tahun lalu, sisanya diimpor. Vios bersama Limo pada tahap awal hanya bisa diproduksi 1.000 unit per bulan. Berarti, kebutuhan sedan untuk taksi belum bisa dipenuhi oleh produsen atau APM yang ada di Indonesia saat ini.

Toyota adalah pemasok taksi terbesar di Indonesia. Kendati demikian, Limo atau Vios belum bisa memenuhi kebutuhan perusahaan taksi. Karena itulah, beberapa permintaan perusahaan taksi lain dipenuhi dengan adanya Etios sedan yang diimpor langsung dari India. Bahkan harus mengganti mesin dari 1,2 liter menjadi 1,5 liter.

Saat ini, perusahaan taksi yang sudah menggunakan Etios sedan adalah Golden Taxi dari Surabaya. Sedangkan dari Jakarta, berdasarkan cerita sopir kepada KompasOtomotif, adalah Taxiku.

“Ya, kita pernah mengimpor Etios sedan pada IIMS lalu untuk taksi. Perusahaan yang  menggunakan Etios karena tidak kebagian Limo,” jelas Rouli Sijabat, Manajer Humas Toyota Astra Motor, ketika KompasOtomotif memperlihatkan foto Golden Taxi Surabaya menggunakan sedan Etios.

Selama 2013, Toyota berhasil menjual 2.194 unit Etios sedan ke beberapa perusahaan taksi di Indonesia. Sedangkan Limo atau kembaran dari Vios mencapai 9.431 unit atau memperoleh 73 persen. Kalau digabungkan, perusahaan taksi yang menggunakan produk Toyota mencapai 90 persen. Sisanya dibagi oleh Nissan, Kia, Chevrolet, dan Hyundai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com