Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Seputar Banjir

Estimasi Biaya Kerusakan Komponen Sepeda Motor Usai Kebanjiran

Kompas.com - 18/01/2014, 14:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifKompasOtomotif sudah membeberkan beberapa komponen sepeda motor yang rawan rusak pasca banjir. Yang perlu disiapkan kini adalah biaya cadangan, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Andai semua komponen yang diperkirakan terkenda dampak banjir mengalami kerusakan, Anda tak perlu lagi pusing.

Dari penjelasan Erwin Maulana, Kepala Mekanik AHASS Bintang Motor, Buaran, Jakarta Timur, ada dua bagian biaya yang perlu disiapkan, yakni jasa dan harga komponen itu sendiri. ”Sebaiknya dibawa ke bengkel resmi agar kerusakan bisa diketahui detail, dan komponen yang rusak hampir pasti ada, khususnya fast moving,” terangnya.

Berikut estimasinya:
1. Ganti oli, harga di rentang Rp 37-50 ribu.
2. Busi, diperkirakan ada di rentang Rp 13-22 ribu.
3. Filter udara, ada di rentang harga 45-50 ribu.
4. Oli gardan (matik) di kisaran Rp 11-15 ribu.
5. Driven face skutik (CVT) sekitar Rp 150 ribu.

Semua komponen yang tersebut di atas adalah standar bawaan sepeda motor, bukan aftermarket. Biaya tersebut belum termasuk estimasi biaya jasa. Jika semua pengerjaan dilakukan, perkiaraan biaya jasa sebesar Rp 77 ribu plus biaya membersihkan CVT untuk skuter matik Rp 25 ribu. Jika semua ditotal, siapkan untuk merogoh kocek sekitar Rp 350 ribu.

”Kalau Driven Face mungkin masih bisa diakali jika terlalu mahal, dengan memberikan grease untuk menghilangkan suara kasar. Biaya akan bisa ditekan hampir separuhnya, dan semua tentu bergantung keputusan dari konsumen,” jelas Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com