Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Tampilan Mobil Sport Kolaborasi Toyota-BMW

Kompas.com - 17/01/2014, 18:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Kolaborasi Toyota dan BMW untuk memproduksi mobil sport terbaru terus menjadi perhatian. Leburan pabrikan Jepang-Jerman dalam satu platform ini dikabarkan bakal "menelurkan" dua mobil yang berbeda dalam dua tahun ke depan.

Kabar terbaru datang dari Holiday Auto, media asal Jepang, yang menyakini penampakan model Toyota akan terlihat seperti rekaan gambar yang ditampilkan. "Hidung" panjang, "pantat" pendek, ditambah atap terbuka, proporsinya seperti Speedster. Dijelaskan, garis lengkungan bodi di bagian belakang mengingatkan pada Audi TT.

Sumber internal mengatakan, model buat BMW dibuat sebagai penerus Z4 roadster. Struktur dibangun memakai alumunium dan serat karbon agar bobot bisa dipangkas maksimal, mirip BMW i3 dan i8.

Holyday Auto Mobil sport kolaborasi Toyota-BWM

“Setidaknya sistem penggerak harus menggunakan tipe mesin depan-gerak roda belakang, seperti yang diinginkan BMW untuk generasi terbaru Z4. Sebab itu BMW yang akan mendesain basic bodi dan kemungkinan memproduksinya juga,” beber sumber tersebut.

Holyday Auto Mobil sport kolaborasi Toyota-BWM

Hibrida
Salah satu klausul menyebutkan, teknologi hibrida Toyota menjadi kunci proyek ini. Keduanya dikatakan memakai sistem hibrida terbaru, mengadopsi teknologi kapasitor penyimpanan energi milik mobil balap Toyota TSO30 LeMans dan Yaris Hybrid R Concept.

Sementara mesin konvensional disumbang BMW. “Sepertinya tidak akan menggunakan mesin Toyota, sebab prinsipal BMW menolak menggunakan komponen Toyota buat mesin BMW,” tukas sumber. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com