Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Konsep Volvo Raih 2 Penghargaan di Detroit Motor Show 2014

Kompas.com - 16/01/2014, 14:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Newspress

Detroit, KompasOtomotif – Eyes on Design Award menyatakan Volvo Concept XC Coupe sebagai "The Best Concept Car" dan "The Best use of Color, Graphics and Materials” di Detroit Motor Show (DMS) 2014. Salah satu konsep dari tiga desain terbaru mobil masa depan pabrikan Swedia itu memperoleh nilai terbaik dari 30 juri yang terdiri dari mantan bos dan perancang pabrikan otomotif di seluruh dunia.

“Saya sangat terhormat dan bahagia. Hal ini sangat memberi semangat sekaligus menunjukan bahwa arah desain terbaru Volvo tidak hanya dihargai oleh publik dan pers, tapi juga buat pemimpin di bisnis desain,” papar Thomas Ingenlath, Senior Vice President Design, dalam keterangan resminya, Rabu (15/1/2014).

Studi menyatakan faktor desain masih dominan buat menggoda dan memikat konsumen, walaupun dikatakan efisiensi bahan bakar, performa, infotainment dan sistem keamanan berkendara juga merupakan faktor pendorong konsumen membeli mobil.

Newspress Volvo Concept XC Coupe, “The Best Concept Car” dan “The Best use of Color, Graphics and Materials” di Detroit Motor Show 2014

Gaya Klasik
Juri memutuskan Volvo Concept XC Coupe menjadi yang terbaik sebab memiliki gaya klasik bodi boxy wagon yang merepresentasikan ciri khas Volvo. “Konsep itu langkah besar buat Volvo, namun warisannya masih dapat terlihat jelas. Sunyi, namun menyatakan elegansi,” jelas Ralph Gilles, Ketua Juri EyesOn Design Award, sekaligus menjabat sebagai kepala desain Chrysler.

Inovasi warna, grafis, dan material yang diterapkan melambangkan desain modern.  Mantan bos desain Ford, Jack Telnack menjelaskan sepanjang sejarah DMS digelar banyak pabrikan yang menyuguhkan konsep “Fantasy Chrome”, namun jarang yang sampai tahap produksi. XC Coupe memiliki banyak elemen fantasi itu tapi menawarkan banyak kesamaan dengan versi produksi, generasi crossover kupe terbaru, Volvo XC90 yang segera diperkenalkan tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newspress
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com