Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus RC F Tantang BMW M4 di Detroit

Kompas.com - 15/01/2014, 14:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Lexus memamerkan sedan kencang RC F di North American International Auto Show (NAIAS) atau yang kerap disebut Detroit Motor Show 2014. Inilah versi galak dari RC F Coupe. sebelumnya sudah dikenalkan di Tokyo Motor Show pada November 2013. Kehadirannya seolah ingin menantang BMW M4 yang juga mejeng pada waktu  bersamaan.

autoblog Menyimpan teknologi canggih di kelasnya.

Sekilas dari luar, tampang depan sangat agresif dengan gril dual trapesium khas Lexus plus kisi-kisi udara yang menonjol ke depan dan besar. Gril Lexus ini jauh lebih besar ketimbang RC F Coupe. ”Otot” kekarnya mengalir hingga belakang, didukung 4 ujung knalpot, sepasang kanan dan kiri dengan susunan bertingkat.

Karena diposisikan sebagai sedan terkuat dalam sejarah Lexus, mobil ini dibekali mesin  5.000cc V8 dengan perbandingan kompresi 12,3:1 yang menyemburkan tenaga 450 PS dan torsi 520 Nm.

autoblog Wajah belakang Lexus RC F.
Menarik, mesin yang digunakannya siklus Atkinson agar bekerja semakin irit. Ketika kecepatan menyentuh 80 kpj, sayap belakang otomatis muncul untuk menghasilkan aerodinamika yang lebih baik. Sayap melengkung ini otomatis kembali masuk jika kecepatan turun sampai 40 kpj. Sedangkan untuk rem, dipecayakan kepada produk dari Brembo.

Perubahan pada kabin dialkukan pada panel-panel unik - diadopsi dari Lexus LFA dengan tachometer  di tengah. Pada panel instrumen juga dilengkapi dengan indikator lain m yaitu pemantau vektor torsi, G-Force meter, hingga stopwatch. Lapisan serat karbojn dan aksen kulit Alcantara melengkapi kesan sporty sekaligus elegan.

Tak hanya BMW M4, nantinya RC-F juga bakal jadi pesaing Mercedes-Benz C63 AMG dan Audi RS4. Segmen pasarnya sangat terbatas, yakni orang-orang kaya yang suka ngebut! Belum ada kabar, kapan model ini dipasarkan! Begitu juga juga dengan harga!  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com