Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carlos Ghosn Ingin Nissan-Renault Dipimpin 2 CEO

Kompas.com - 11/01/2014, 10:37 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Bloomberg

Yokohama, KompasOtomotif - CEO Nissan-Renault, Carlos Ghosn mengatakan, aliansi Jepang-Prancis yang dipimpinnya itu sebaik punya  2 bos yang berbeda. Masa bakti Ghosn akan habis kurang dari lima tahun ke depan. Tahun lalu Ghosn diputuskan masih berperan sebagai CEO Nissan hingga 2015, sedangkan kontrak kerjanya sebagai CEO Renault diperpanjang  tiga tahun saat rapat pemegang saham, April nanti. 

“Saya tidak merekomendasikan siapapun untuk melakukukan pekerjaan yang telah saya kerjakan. Memimpin dua perusahaan di dua negara sangat berat. Saya melakukannya karena tidak punya pilihan. Saya ditempatkan di posisi yang seharusnya. Tentu ada keuntungan buat kedua perusahaan,” jelasnya.

Selepas kepemimpinannya nanti, pria 59 tahun kelahiran Brazil ini menginginkan Nissan dipimpin oleh orang berkebangsaan Jepang. “Hal itu seperti simbolis, kita punya banyak talenta asal Jepang,” jelas Ghosn. Namun demikian, dia juga tidak menampik kemungkinan Renault-Nissan tetap dipimpin satu orang. 

“Saya pikir kita tidak hanya fokus pada satu pilihan. Bila bisa dihindari (satu kepemimpinan), saya sangat merekomendasikan,” tutupnya.

Apa yang diutarakan  Ghosn adalah pendapat pribadinya. Ia menuturkan, semua keputusan tetap dibebankan pada rapat dewan direksi dan pemegang saham setiap perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com