Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 ”Biker” Siap Libas dan Abadikan Kalimantan

Kompas.com - 06/01/2014, 12:27 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – 4 biker Indonesia membulatkan tekad mengelilingi Kalimantan menggunakan sepeda motor. Mereka bergabung dalam perjalanan Round The Borneo, tercetus atas minat terhadap dunia kendaraan roda dua dan kepariwisataan. Tujuannya, mengemas perjalanan dalam bentuk tulisan di berbagai media, juga akan dikemas dalam buku yang berisi catatan perjalanan.

Keempat biker punya karakteristik dan latar belakang berbeda yang akan saling melengkapi dalam perjalanan 10.000 km ini. Mereka adalah Andry Berlianto (praktisi keselamatan berkendara, penulis), Ade Imanudin (praktisi aktivitas luar ruang, peneliti), Yeremia Exlesia Theorandaru (fotografer/videografer), dan lady biker Eleonora Ajisela Agrippina (penyuka sepeda motor dan aktivis sosial media).

”Perjalanan ini hanya dilakukan kami berempat. Tidak ada pengganti atau pun pengawalan. Kami akan melakukan laporan langsung perjalanan selama 35 hari,” kata Andry Berlianto, salah satu rider yang ditunjuk sebagai ketua tim.

Destinasi
Perjalanan akan dimulai dari Banjarmasin, 25 Januari 2014. Titik utama perjalanan difokuskan pada sembilan destinasi, digambarkan melalui kacamatan pengendara sepeda motor, bukan dari sisi turis maupun gaya backpacker.

Kesembilan tujuan itu adalah dua pusat rehabilitasi orangutan milik Borneo Orangutan Survival Foundation di Nyaru Menteng dan Samboja Lestari, lalu menuju perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong, Danau Sentarum, Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kepulauan Derawan, pasar terapung Banjarmasin, Pulau Kembang, dan pesta budaya Cap Bo Meh di Singkawang.

Sepeda motor yang dipakai adalah TVS Apache yang sering digunakan untuk kegiatan petualangan. Diperkirakan, perjalanan berakhir pada 28 Februari dengan titik akhir Pontianak. Di titik akhir ini, akan dilakukan edukasi kesehatan untuk para biker, bekerjasama dengan Soho Global Health.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com