Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut 50 Mobil Konsep di Detroit 2014

Kompas.com - 06/01/2014, 12:18 WIB
Zulkifli BJ

Penulis

Ford Motor Co. All-New Mustang, mobil sport dengan target pasar global terbaru dari Ford

Detroit, KompasOtomotif - Pameran mobil yang akan digelar minggu depan (13 – 26 Januari 2014) di “Motor City” (Detroit)-dikenal dengan nama North America International Auto Show (NAIAS)-dijadikan momen kebangkitan industri otomotif Amerika Serikat setelah mengalami resesi dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut panitia yang dikutip oleh Detroit News, panitia mengharapkan pameran ini akan diliput 5.000 wartawan di seluruh dunia dan 750.000 pembeli potensial. Pameran yang berlangsung di Cobo Center – kini semakin luas- menurut Rod Alberts, Executive Director Detroit Auto Dealers Association (DADA), panitia pameran, pada NAIAS 2014 akan ditampilkan tidak kurang  50 mobil konsep termasuk terdiri dsari berbagai jenis, yaitu pikap, crossover, SUV dan sebagainya.

Kendaraan yang sebelumnya melakukan debut di Frankfurt, Los Angeles dan Tokyo Motor Show pada tahun lalu, juga ditampilkan kembali di Detroit.  

Dijelaskan, Ford dipastikan memboyong produk andalannya karena tahun ini berencana  meluncurklan 23 model baru. Juga semakin banyak mobil kecil (minicar), sport dan  pikap ringan (di Amerika Serikat disebut truk) ditampilkan.

GM memboyong GMC Canyon dan Ford F-150 terbarunya (2015). Model Ford yang disebutkan terakhir, diperkirakan akan menjadi salah satu bintang di NAIAS. Pasalnya F-150 model terbaru semakin banyak menggunakan aluminium untuk menurunkan bobot (lebih ringan  250 kg). Alhasil konsumsi bahan bakar semakin irit, salah satu faktor yang menjadi pertimbangan utama konsumen Amerika Serikat memilik mobil saat ini.   

Mobil-mobil sport yang berotot yang diperkirakan tampilan adalah Chevy Corvette Z06, Ford Mustang, Porsche 911 Targa, Lexus RC-F kupe. Sementara Kia menampilkan konsep GT4 Stinger. Juga terjadi perubahan teknologi mobil yang cukup berarti di Amerika Serikat, semakin banyak produsen menggunakan mesin 2.0 liter dengan teknologi injeksi langsung dan turbocharger.

Toyota juga menampilkan prototipe mobil hidrogen FCX, dan beberapa mobil sel bahan bakar lain yang mulai diproduksi pada tahun ini dan 2015. Ford juga memboyong C-Max Solar Energi Concept (lebih dulu  tampil di CES). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com