Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Interior

Benahi Interior, Kuatkan Tema Modifikasi

Kompas.com - 05/01/2014, 13:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Banyak pemilik mobil sering "lupa" memodifikasi ruang kabin, fokus kerap diberikan pada penampilan luar saja. Padahal interior juga bisa digunakan untuk menguatkan tema yang diusung pemilik. 

"Walaupun konsepnya harian, jangan sekadar tampang doang, 
sebaiknya menyeluruh," ujar Yosef Bee, pemilk rumah modifikasi H2O Bodyworks, kepada KompasOtomotif.

Ia menambahkan, kadar ubahan tidak perlu terlalu "berat", namun disesuaikan dengan selera dan modifikasi pada eksterior. "Perlu diingat juga batasannya, jangan terlalu banyak mengurangi fungsi, kenyamanan, dan dimensi ruangan," tegasnya.  

Add On
Cara paling mudah, menambahkan aksesori add on atau plug and play. Selain produk aftermarket-nya gampang ditemui, harga masih terjangkau. Aksesori paling diincar seperti, pedal set, emblem, shift knob, setir, door/sill plate,  GPS, dan lainnya. 

Buat para pemilik yang tidak ada masalah merogoh kocek "lebih dalam" bisa mengeksplorasi lebih jauh. Misalnya, ganti jok, ubah pelapis door trim dan panel, tambah peranti sistem audio dan entertainment, pasang pengukur kinerja mesin, ataupun, memasang panel instrument baru. 

"Menambah minibar, ganti jok jenis balap, mengurangi konfigurasi tempat duduk, monitor yang terlalu besar, atau cangkok roll cage, tidak disarankan. Tapi kalau pemilik tetap mau, perlu dipahami kelebihan dan kekurangannya," tandas Yosef. 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com