Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Interior

Kulit Sintetis: Harga Terjangkau dan Mudah Dirawat

Kompas.com - 04/01/2014, 08:37 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kenyamanan dambaan banyak pemilik mobil dan banyak cara untuk mendapatkannya. Salah satunya mengganti lapisan interior, khususnya jok, tempat pengemudi dan penumpang menghabiskan seluruh waktunya naik mobil.  
 
Eppi, pemilik rumah modifikasi PADI Car Leather Seat menuturkan, bagi pemilik MPV, lebih baik mengganti lapisan interior dengan kulit sintetis ketimbang kulit asli. "Kulit sintetis lebih mudah dibersihkan! Biasanya jok sering kotor kalau ada anak kecil," jelasnya kepada KompasOtomotif.

Ditambahkan, noda pada lapisan sintetis lebih mudah dihilangkan hanya dengan menggunakan kain bersih. Juga bisa dicuci dan dijemur sebagai perawatan rutin. Sedangkan kulit menuntut banyak perhatian. 

Kendati demikian, untuk kenyamanan, kulit jauh lebih baik daripada sintetis. Permukaan kulit punya pori-pori, berfungsi sebagai sirkulasi udara sehingga empuk saat diduduki. 

 
"Saat AC dinyalakan waktu diparkir di tempat panas, interior yang menggunakan kulit lebih cepat dingin daripada sintetis. Wangi kulit juga khas," imbuh Eppi.

Dijelakan, kuilit sintetis lebih fungsional. Kini, kualiasnya juga makin baik dan banyak "menyerupai" kulit asli dengan umur pakai 2-4 tahun, sedangkan kulit cuma bertahan 1,5-3 tahun.

Harga juga berbeda jauh. Kulit asli sampai puluhan juta sementara sintetis terbaik hanya 3-4 juta, termasuk ganti busa dan pemasangan sampai baris ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com