Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Yaris Terbaru ”Digembleng” Sebelum Meluncur

Kompas.com - 31/12/2013, 14:49 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — PT Toyota Astra Motor (TAM) terus melakukan pengujian untuk All-New Yaris sebelum benar-benar diluncurkan di Indonesia, Maret 2014. KompasOtomotif mendapat kiriman foto dari sumber, hatchback andalan Toyota itu sedang digeber di Tol Jakarta-Cikampek, Senin (30/12/2013).

Dikonfirmasi soal ini, Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM, mengatakan bahwa semua produk yang akan masuk pasti mengalami pengujian. Titik berat tak sekadar performa, akselerasi, atau konsumsi bahan bakar, tetapi lebih ke adaptasi dengan kondisi jalan di Indonesia, merefleksikan pemakaian konsumen sehari-hari.

”Sebetulnya, pengujian tidak harus sebelum peluncuran. Bisa juga setelah peluncuran kami melakukan tes. Tujuannya, melihat kemampuan mobil melahap semua kondisi jalan di Indonesia. Kan bervariasi tuh (kondisi jalan), ada macet, jarak jauh, tanjakan, jalan rusak, dan sebagainya. Kami akan bandingkan dengan kompetitor ataupun model sebelumnya,” terang Dadi kepada KompasOtomotif, Selasa (31/12/2013).

Soal spesifikasi teknis, Dadi mengatakan bahwa akurasinya tetap diukur, meski itu bukan yang utama. Sebab, produsen sudah melakukan tes ketahanan yang mencakup semua spesifikasi sebelum mobil ditunjukkan ke hadapan publik. Penggunaan aksesori tambahan atau komponen yang cocok untuk Indonesia juga termasuk dalam pengujian.

Semakin nyaman
Hasilnya bagaimana? Dadi dengan tegas mengatakan bahwa Yaris baru lebih baik dari sisi kenyamanan (comfort), terutama berada di dalam kabin yang kini semakin lapang. ”Untuk tenaga, kira-kira sama. Toyota mempertahankan performa mesin dari generasi sebelumnya, dengan filosofi tenaga besar tapi irit penggunaan bahan bakar,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com