Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Tetap Paling Laris di Amerika Serikat

Kompas.com - 31/12/2013, 14:34 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber Newspress
Michigan, KompasOtomotif — Pergantian tahun hanya tinggal hitungan jam. Namun, Ford sudah mengklaim sebagai pabrikan terlaris di AS, mengungguli rival terdekatnya, Toyota, di posisi runner up. Keyakinan ini berdasarkan estimasi total penjualan sepanjang tahun yang mencapai 2,4 juta kendaraan.

November lalu, Ford berhasil menjaga jarak dengan Toyota, terpaut 396.041 unit. Meski Desember belum selesai, Ford mengatakan, kecenderungannya akan terus berulang dan tidak bisa dikejar. Tahun lalu, Ford menjadi nomor satu, memimpin 329.677 unit dari Toyota.

"Kabar baiknya adalah kami tidak hanya mengandalkan satu segmen, kami melihat pertumbuhan dua digit di segmen mobil penumpang, truk, dan utilitas (crossover dan SUV)," ujar John Felice, Vice President US Marketing Sales and Service, dalam keterangan resminya yang ditulis Newspress, Senin (30/12/2013). 

2014

Ford Fiesta diramalkan mencatat rekor penjualan 70.000 unit, sedangkan Fusion menjalani tahun terbaiknya. Penjualan diharapkan mencapai 290.000 unit.

SUV dan crossover diprediksi tembus 621.652 unit, hampir setengahnya disumbang oleh Escape. Model hibrida juga bergairah, diperkirakan mencapai 80.000 unit atau tiga kali lipat dibanding 2012. 


Sementara itu, truk F-Series mendapatkan hasil terbaik pada tahun ini selama 37 tahun berturut-turut. Pada November lalu, seri tersebut terjual 688.810 unit, dan diperkirakan tetap menjadi truk terlaris di AS. 

Ritel

Kondisi ekonomi yang membaik dan perbaikan konstruksi internal adalah beberapa faktor yang dikatakan ikut mendukung kemajuan Ford pada 2013. Ekspektasi tahun ini, penjualan ritel bisa mencapai 1,7 juta kendaraan, performa tertinggi dalam enam tahun terakhir. Penjualan segmen mobil penumpang diprediksi melewati 600.000 unit, angka tertinggi sejak tahun 2000. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newspress
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com