Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Pilih Android untuk Sistem "Infotainment"

Kompas.com - 31/12/2013, 09:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif — Audi serta perusahaan jasa dan produk internet, Google, bersama-sama mengembangkan sistem entertainment dan informasi berbasis Android, saat pembukaan ajang pertukaran barang elektronik dan teknologi internasional, Consumer Electronics Show (CES), di Las Vegas pada 7 Januari mendatang.

Buat Google, keputusan ini adalah respons terhadap Apple yang mengumumkan akan menyatukan iOS di panel instrumen untuk beberapa produsen mobil pada Juni lalu. Sampai saat ini, Apple sudah menggandeng BMW, Mercedes-Benz, General Motors, dan Honda. Saat ini Google baru bekerja sama dengan Toyota dan Tesla.

 
Google dan Apple bersaing ketat untuk masuk ke pasar mobil dengan penjualan mencapai 80 juta unit setiap tahun, khusus untuk sistem hiburan dan informasi di dalam mobil. 

Audi belum mau memberi keterangan perihal kerja sama ini. Namun, Head of Product Strategy Audi, Filip Brabec, memberi pandangan bahwa mobil masa depan membutuhkan sistem operasi komputer yang mendukung akses aplikasi untuk hiburan lain saat mengemudi.

 
"Mobil kini semakin kompleks dengan banyaknya komputerisasi. Sistem seperti ini dibutuhkan," ungkapnya, dikutip Wall Street Journal, Minggu (29/12/2013).

Informasi kerja sama Audi mencuat beberapa hari setelah Volkswagen (induk Audi) mengumumkan investasi 22 triliun euro untuk menambah model baru dan riset teknologi. Audi memiliki target untuk menjadi produsen premium pertama di dunia.

Tidak hanya pengumuman kolaborasi dengan Google, Audi juga akan menampilkan teknologi autonomous (untuk kondisi dan waktu tertentu) dan membeberkan strategi global 4-5 tahun ke depan di CES. Tahun lalu, Audi mendemonstrasikan parkir otomatis dan memperoleh respons positif. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com