Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flossie, ”Biker” Robot Spesialis Tester Oli

Kompas.com - 27/12/2013, 10:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

London, KompasOtomotif – Castrol kembali mengenalkan Flossie, robot biker yang senantiasa ”tancap gas” di laboratorium untuk mengetes performa pelumas sepeda motor. Si robot pintar ini sebenarnya sudah pernah muncul pada 2009, dan sampai saat ini kondisi fisiknya masih sehat dan terus melakukan tes demi tes.

Flossie bisa mengendarai sepeda motor jenis apa saja, dari sport, moge sampai skuter. Carabya, sepeda motor diikat padas dinamometer. Sama seperti manusia, Flossie dibekali modul untuk belajar. Dia bisa merasakan pola perpindahan gigi, kehalusan memindah gigi, hingga respons gas.

Bedanya, robot ini diprogram untuk mengganti gigi berulang-ulang. Hal ini membantu para ahli kimia mengetahui ketahanan dan performa pelumas yang digunakan selama berbulan-bulan.

Keuntungan mempekerjakan Flossie, tidak pernah merasa lelah, sakit atau cedera. Juga cuek dengan raungan mesin yang bekerja hingga putaran16.000 rpm selama beberapa jam. Terus mengendarai  sepeda motor pada suhu panas dan dingin ekstrem tanpa jaket dan juga tidak pernah mengeluh. Sejauh ini, Flossie masih ngendon di pabrik Castrol di Inggris.

Untuk mengetahui  cara Castrol menguji pelumasnya, simak video berikut:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com