Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Fisik Jalan di Jawa Jelang Akhir Tahun

Kompas.com - 24/12/2013, 19:13 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jika Anda berniat melakukan perjalanan jauh di musim libur Natal dan Tahun Baru, tak perlu khawatir kondisi jalan rusak. Setelah dilakukan survei langsung, Korlantas Polri menyatakan ruas jalur luar kota di Pulau Jawa relatif baik.

Kasubbid Invidrek (Inventarisasi dan Rekayasa Lalu Lintas) Korlantas Polri AKPB Mansyur Slamet SH Msi menjelaskan kepada KompasOtomotif, Rabu (24/12/2013), bahwa sebagian besar kondisi fisik jalan tidak ada masalah berarti. ”Kami sudah melakukan survei dengan menyusuri langsung jalanan sejak 22 Oktober sampai 1 November,” katanya.

Dikatakan, kondisi tersebut bisa didapat karena jeda antara libur Natal dan Tahun Baru tidak jauh dengan libur Lebaran Agustus lalu. Ruas jalan hampir semua sudah diperbaiki karena mengejar musim mudik Lebaran, dan kondisi masih sangat baik untuk dipakai akhir tahun dan menyambut awal 2014.

Kendati demikian, Mansyur tetap memberi peringatan waspada, karena ada beberapa ruas yang masih dalam perbaikan dan proses pembangunan. ”Ada beberapa titik, rata-rata melakukan pembangunan jembatan dan flyover. Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, dan dijanjikan akhir Desember ini sudah selesai,” tegasnya.

Jembatan Pemali Brebes
Perhatian khusus pengguna jalan bisa diarahkan di pembangunan Jembatan Pemali, Brebes. Jembatan sepanjang 102,8 meter itu sedang diperbaiki sejak September dan masih dalam tahap pengerjaan. Untuk mengurangi dampak pekerjaan terhadap arus lalu lintas, Polres Brebes melakukan rekayasa lalu lintas.

Sebagai jalur alternatif jika kondisi tak memungkinkan, pengalihan arus kendaraan sedang/ringan bisa lewat Pertigaan Pejagan-Ketangguhan-Jalan Jatibarang-Kota Slawi-Pangkah-Kemantran-Pertigaan larangan sepanjang 80 km. Sementara untuk kendaraan berat harus melalui ruas Pertigaan Pejagan-Jembatan Pemali-Tegal dengan konsekuensi lalu lintas padat karena antrean.

Selatan Oke
Informasi tambahan, untuk para pelancong yang memanfaatkan jalur Selatan Pulau Jawa, dipastikan kondisi fisiknya baik. Meski masih ada beberapa lubang kecil, namun kerusakannya tidak krusial dan relatif aman dilalui. Sumatera? Dijelaskan jauh lebih baik ketimbang kondisi sebelum libur Lebaran Agustus silam.

”Tetap ada proyek pengerjaan perbaikan di beberapa titik, tapi tidak sebanyak di Pantura. Perbaikan pada intinya bersifat ringan karena usia,” beber Mansyur.

Berikut titik-titik pembangunan jembatan dan fly over di Pulau Jawa:
1. Jembatan Pemali, Brebes.
2. Jembatan Kalibanteng, Semarang.
3. Fly over Peterongan, Jombang.
4. Beberapa titik perbaikan di Pati.
5. Beberapa titik perbaikan di Tuban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com