Selasa, 21 Oktober 2014

Otomotif


Target Tata di Indonesia, Terbesar Setelah India

Penulis: Agung Kurniawan | Jumat, 27 September 2013 | 09:18 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : KompasOtomotif | Author : Agung Kurniawan

Tata Butuh 35.000 Unit Jadikan Indonesia Pasar Terbesar

Jakarta, KompasOtomotif - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) siap menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar di luar India dalam tiga sampai empat ke depan dengan catatan, melampaui total penjualan di Sri Lanka. 

"Waktu dua sampai tiga tahun merupakan cita-cita korporasi (prinsipal). Bagi saya fokus utama adalah menciptakan kepercayaan pada merek, terutama mampu memenuhi kepuasan konsumen, konsumen dan konsumen," celoteh Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI di Kemayoran, Jakarta Pusat, kemarin (26/9/2013).

Dijelaskan, total penjualan mobil baru di Sri Lanka sekitar 100.000 unit per tahun. Tata Motors menguasai pangsa pasar sampai 35 persen. Artinya, untuk menggeser Sri Lanka dan menjadikan Indonesia pasar terbesar Tata di luar India, wajib melampaui penjualan di negara tetangganya itu!

Sebagai perusahaan global, Tata telah mengakuisisi Jaguar Land Rover (sejak 2008), tahun ini mengaku pemasukan perusahaannya justru ditopang dari luar India. Total 58 persen keuntungan disumbang dari luar India. "Kami berhasil menjadi pemimpin di Sri Lanka dengan populasi 20 juta jiwa dengan tingkat kepemilikan kendaraan yang sudah tinggi. Potensi Indonesia jauh lebih dari itu," beber Biswadev.

Manual
Untuk memulai bisnisnya di Indonesia, Tata meluncurkan sekaligus tiga model untuk Indonesia, yakni Aria, Vista dan Safari Strome. Meski ketiganya masih tanpa transmisi otomatis, Biswade mengaku masih optimis bisa memenuhi keingginan sebagian besar konsumen di Indonesia.

"Dari total pasar 1,1 juta unit, 700.000 unit merupakan kendaraan penumpang. Dari jumlah itu, sekitar 65 persen dikuasai kendaraan dengan transmisi manual. Memang ada potensi untuk transmisi otomatis, manual masih besar potensinya," papar Biswadev.

 


Editor : Zulkifli BJ