Jumat, 1 Agustus 2014

Otomotif


Berikut Detail Mobil yang Dipakai Dul

Penulis: Aris F. Harvenda | Senin, 09 September 2013 | 12:37 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : Kompas.com | Author : Kristianto Purnomo

    Mobil Lancer B 80 SAL yang dikemudikan putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Abdul Qodir Jaelani dalam kondisi ringsek akibat kecelakaan di Tol Jakarta-Bogor, diamankan di Satlantas Wilayah Jakarta Timur, Minggu (8/9/2013).

  • Sumber : MITSUBISHI | Author : MITSUBISHI

    Mitsubishi Lancer EX.

Jakarta, KompasOtomotif — Diketahui, mobil yang digunakan AQJ alias Dul—putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty yang mengalami kecelakaan di Km 8 Tol Jagorawi hingga menewaskan 6 orang dan 10 luka-luka, Minggu (8/9/2013) dini hari lalu—adalah Mitsubishi Lancer. Namun informasi yang beredar masih simpang siur mengenai varian, EX atau Evolution X (Evo X).

Setelah ditelusuri, ternyata varian yang dipakai adalah EX. Hal tersebut diungkap oleh Fitra Eri, wartawan AutoBild Indonesia yang sempat lewat di lokasi saat proses pengangkatan korban jiwa. "Kalau dilihat dari pelek yang dipakai adalah milik EX. Indentitas lain sulit diketahui karena mobil sudah ringsek," terang Fitra.

Hal senada juga disampaikan beberapa kalangan yang mengaku dekat dengan korban dan enggan disebutkan namanya. Dikatakan, mobil yang dipakai Dul sebenarnya milik Al yang dihadiahkan saat ulang tahun pada 2010. Mobil tersebut dibeli dari dealer di Jakarta Selatan atas nama Ahmad Dhani.

Ada beberapa perbedaan antara EX dan Evo X, yakni mesin dan sistem gerak. Mesin Evo X memakai turbo, sedangkan EX tidak. Nah, yang dipakai Dul tidak menggunakan turbo. Hanya mesin 4-silinder DOHC kapasitas 2,0 liter dengan tenaga 155 PS yang merupakan sumber tenaga milik EX. Lainnya, tidak ada as roda di roda belakang seperti halnya Evo yang punya kekhasan sistem gerak semua roda (all wheel drive).

Perangkat keselamatan termasuk kantong udara ganda dan Reinforced Impact Safety Evolution (RISE). Kelengkapan tersebut merupakan salah satu faktor mengapa Dul dan temannya hanya mengalami luka.

Simak foto-foto terkait kecelakaan maut tersebut di sini.


Editor : Aris F. Harvenda