Selasa, 29 Juli 2014

Otomotif


Keliling Malang bersama New Kijang Innova

Penulis: Agung Kurniawan | Senin, 02 September 2013 | 08:36 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : TAM | Author : -

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : Agung Kurniawan

  • Sumber : TAM | Author : -

    Meski facelift, model ini tetap mendapatkan sentuhan baru

  • Sumber : TAM | Author : -

Malang, KompasOtomotif - Dua pekan setelah diluncurkan, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar media test drive untuk Kijang Innova facelift di Malang, Jawa Timur (29-31 Agustus 2013). Acara  dikemas dengan tema “Family-Lifestyle Experience Journey”, sesuai dengan posisi Kijang Innova sebagai mobil keluarga Indonesia. 
Dari bandara Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, 32 media langsung diberi kesempatan mencoba 8 unit Kijang. KompasOtomotif  di grup 4, mengendarai Innova tipe V bermesin diesel dengan transmisi manual. Rute pertama, rombongan di arahkan menuju ke The Tirta Gangga Hotel Tugu di jantung Kota Malang.

Pemilu
Duduk di bangku baris kedua, coba merasakan kenyamanan jok empuk dan ruang kaki yang lega. Ini sudah menjadi andalan Kijang dari generasi ke generasi. Di  atap lampu kabin tengah, dipasang layar DVD untuk memanjakan penumpang tengah dan belakang. Sayang, Toyota tidak menyediakan sajian film dan juga tidak sempat dites cara menggunakannya.  

Perjalanan berjalan lancar karena jalanan yang tidak terlalu ramai. Ternyata, saat itu (29/8) hari libur masyarakat seluruh Jawa Timur yang  sedang menyelenggarakan pemilihan gubernur. Jalan-jalan di Malang lenggang, sehingga rombongan bisa melakukan perjalanan dengan maksimal. 

Pada etape kedua, KompasOtomotif menjadi bertindak sebagai pengemudi. Rute, Hotel Tugu-Jalan Kertanegara – Kahuripan – Semeru – Ijen – Museum Brawijaya- Gereja IJEN-Jalan Bandung- Veteran – Malang Town Square. Jaraknya, hanya belasan kilometer. Karakteristik jalan kota ini, mirip Bogor minus angkot dan sepeda motor yang menumpuk di persimpangan.

Suasana jalan yang bersahabat, membuat sesekali pedal gas diinjak lebih dalam. Karena di dalam kota, batas kecepatan dipatok 70-80 kpj. Dari dalam kabin, getaran dan suara mesin diesel 2.494 cc common rail bisa diredam dengan baik. Toyota mengaku, berusaha meningkatkan kesenyapan kabin dari Innova sebelumnya, 

Sensor di depan dan belakang, sangat membantu saat parkir. Sensor bisa diaktifkan dengan menekan tombol pada konsol di bawah audio. Sensor akan berbunyi, memperingatkan pengemudi jika jarak den gan obyek atau ringatan di depan dan belakang sudah setengah meter.

"Gahar"
Tidak banyak hal baru yang bisa ditemui pada Kijang Innova baru ini. Ubahan paling kentara, bentuk gril yang lebih lebar. Banyak yang menilai, ubahan ini terlalu ekstrem buat Innova sehingga menghilangkan jati dirinya sebagai mobil keluarga atau terkesan dipaksakan.  

Bagi KompasOtomotif, gril baru ini membuah wajah MPV ini  menjadi lebih "gahar" apalagi dipadu dengan pelek lebih lebar. Dengan kisi-kisi udara lebih lebar (pada gril), arus angin ke ruang mesin lebih banyak dan lancar.  

Hari kedua, perserta berganti Innova. Kali ini, KompasOtomotif mendapat kesempatan mengendarai Kijang Innova tipe G bensin transmisi otomatis. Rombongan digiring menuju Taman Budaya Malang, Warung Inggil dan Jatim Park 2. Di lokasi kedua, jurnalis diajak melukis topeng yang menjadi salah satu kerajinan khas Malang sambil istirahat dan shalat Jumat sekaligus menyaksikan tarian topeng.

Menuju Jatim Park 2, kondisi jalan sedikit lebih menantang karena letaknya di dataran tinggi Batu. Tanjakan cukup terjal dapat dengan mudah saat transmisi tetap di "D" namun harus dengan ancang-ancang cukup!  

Interior
Perubahan pada MPV ini, head unit dengan bentuk mirip "iPhone" dan tombol utama di samping kanan yang bisa dihubungkan ke USB dan MP3 player. Untuk memainkan fitur tersedia, layarnya harus disentuh.

Tambahan lain, ungtuk seluruh tipe - adalah dua kantung udara SRS untuk pengemudi dan penumpang depan. Sabuk pengaman kini juga jadi lebih nyaman, karena dilengkapi pretensional dan pembatas tenaga ikatan. 

Kesimpulan
Meski tidak banyak, Toyota berusaha meningkatkan kualitas Kijang Innova. Kompensasinya, konsumen harus menambah Rp 1,8-4,7 juta dari sebelumnya, Kini Innova dibanderol mulai Rp 197,3 juta sampai Rp 316,55 juta (on the road) Jakarta.

 


Editor : Zulkifli BJ