Rabu, 3 September 2014

Otomotif


Datsun Go dan Infiniti Q30 Primadona di "N360"

Kamis, 29 Agustus 2013 | 18:26 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtmotif | Author : Bastian

    Vincent Cobee (tengah kaus putih) memberi penjelasan kepada wartawan luar negeri

  • Sumber : NMC | Author : -

    Untuk konsumen lebih muda

  • Sumber : KompasOtmotif | Author : Bastian

    Konsep Nissan Friend-Me (utama) dan Infiniti Emerg-E (insert kiri) dan ExTream

California,KompasOtomotif - Pada perayaan ultah ke-80 tahun di bekas bandara di El Toro, California, Nissan Motor Co. (NMC) tak cuma "menumpahkan" semua model dari tiga merek (Nissan, Infiniti, dan Datsun) mereka. Dalam gelaran "Nissan 360", sedikitnya dipajang 7 unit mobil konsep, terdiri dari Nissan 3 unit (Ressonance, ExTream, dan Friend-Me), Infiniti juga tiga (di antaranya Emerg-e dan Q30), terakhir Datsun menampilkan Go.

Di antara ketujuh konsep itu, Datsun GO dan Infiniti Q30 paling mendapat perhatian dari para wartawan mancanegara karena, keduanya masih tergolong "bayi segar". Go baru diperkenalkan Juni lalu di India, sedang premium kompak Infiniti itu baru akan ditampilkan di Frankfurt Motor Show, September ini.

Tak heran, Vincent Cobee, Corporate Vice President NMC merangkap Global Datsun Business Unit telah diberondong rentetan pertanyaan. Termasuk dari wartawan Afrika Selatan yang negaranya bakal kedatangan model baru Datsun, selain India, Indonesia (17 September pengenalannya), diikuti Rusia, dan Afrika.

Ketika ditanya sama wartawan Afrika soal hatchback sebagai model pertama Datsun, bukan yang lain, dijawab oleh Cobee bahwa Datsun bisa bikin sedan atau SUV. Tapi, dengan harga yang tidak terlalu mahal sudah bisa mendapatkan Go yang memiliki banyak kelebihan, mulai dari bobot, daya tahan mesin, dan kecepatan.

Sorotan mata wartawan juga tertuju pada Infiniti Q30 yang merupakan perpaduan unik dari desain bentuk bodi yang dinamis dan sport kupe. Ruang kabin yang luas dan kolong mobil yang lebih tinggi dari crossover.

Shiro Nakamura, Chief Creative Officer in Charge of Design, Brand Champion NMC dalam makam malam kepada kompasotomotif menjelaskan bahwa desain mobil-mobil konsep ini (Datsun, Nissan, dan Infiniti) merupakan dedikasi yang penuh emosi dari para rekayasa di merek masing-masing. Tapi, ketika ditanya nama ketiga konsep Nissan akan berubah, ia hanya tersenyum.

"Termasuk Q30 sebagai langkah kelanjutan Infiniti terjun ke segmen premium baru," sebut Nakamura. Bahkan, dalam presentasinya disebutkan kalau Q30 ini bukan dikategorikan kupe, juga terlahir sebagai crossover. Penonjolannya lebih pada tiga bagian di bodi mobil dengan sasaran untuk konsumen lebih juda yang mencari kendaraan kompak premium sebagai pilihan alternatif.

 

 


Editor : Bastian