Selasa, 23 September 2014

Otomotif


Model Kedua Datsun, MPV Kompak

"World Premiere" di New Delhi pada 15 Juli Mendatang
Senin, 01 Juli 2013 | 17:29 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : Nissan Motor Co. Ltd. | Author : -

Datsun "Chapter" Baru yang akan melakukan debut pada 15 Juli mendatang di India

Yokohama, KompasOtomotif - Nissan Motor Company Ltd. (NMC), hari ini mengumumkan secara resmi, Datsun akan melakukan “World Premiere” di New Delhi, India pada 15 Juli ini.

Sementara itu, The Economic Times, memberitakan, perkenalan model pertama Datsun “chapter” baru tersebut dipimpin langsung oleh Carlos Ghosn yang diselenggarakan pada National Capital Region’s Kingdom of Dreams, di ibu kota India tersebut.

Untuk Indonesia, semula dijadwalkan pada IIMS 2013, namun kemungkinan dimajukan. Informasi tersebut diperoleh ketika pada kunjungan KompasOtomotif pada pertengahan bulan lalu ke Yokohama atas undangan Datsun tanpa memastikan tanggal dan bulan.

Peluncuran produk resmi dilakukan pada tahun depan untuk Indonesia, India dan Rusia, sedangkan Afrika Selatan pada 2015.
Sejauh ini, Datsun belum menyebut mesin yang digunakan. Namun berdasarkan karakteristik kebutuhan konsumen Indonesia, kemungkinan mesin 1,2 liter, sesuai dengan kriteia LCGC di Indonesia.

“Mobil Datsun dikembangkan secara lokal dengan bantuan insinyur dan desainer Nissan Motor Co,” jelas Vincent Cobee, Head of Datsun. Pada saat yang sama juga diumumkan peluncuran situs khusus Datsun. Namun informasi tentang Datsu baru tersedia setelah 15 Juli nanti.


Model Kedua

Pada kunjungan pertama KompasOtomotif  ke markas Datsun di Yokohama, Jepang menjelang akhir April lalu, Vicent Cobee sudah mencanangkan akan meluncurkan 2 model pada tahun pertama. Kabar terakhir dari India, model kedua adalah multi-purpose vehicle kompak dengan platform K2.

Sebelumnya, KompasOtomotif, juga sudah mendapatkan informasi versi MPV ini juga sudah dipresentasikan Cobee saat berada di Indonesia.
Dengan ini dipastikan, Datsun tidak hanya menyasar mobil kota, juga MPV.

Kalau sudah begini, lawan Datsun di Indonesia nanti adalah Honda Brio, yang juga akan terjun ke LCGC, baik untuk hatchback maupun MPV. Sedangkan untuk hatcback kompetitor lebih banyak, dan yang sudah pasti adalah lain Agya-Ayla, Brio dan  Suzuki (nama belum ada).


Nissan sangat berharap dari Datsun dengan target kontribus, 1/3 sampai separo  penjualan Nissan Group di Indonesia yang terdiri dari Nissan, Infiniti dan Datsun.


Editor : Zulkifli BJ