Selasa, 2 September 2014

Otomotif


Vespa ”Jok Melayang” Siap Bergaya di Indonesia

Penulis: Donny Apriliananda | Rabu, 26 Juni 2013 | 15:45 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : KompasOtomotif | Author : -

Vespa 946 dengan jok melayangnya, siap meluncur di Indonesia.

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah konsumen di beberapa negara Eropa dapat memesan Vespa 946 pada Mei lalu, giliran Indonesia mulai melakukan persiapan. PT Piaggio Indonesia (PI) sudah mendaftarkan tipe skuter jok melayang itu di Kementerian Perindustrian. Dari daftar TPT-online, PI menyantumkan Piaggio Vespa 946 125 3V ie dengan status ”selesai”.

Dikonfirmasi, Communication Specialist PI Ignes Messyta tidak menampik hal tersebut. ”Kami memang sudah mendaftarkannya, dilakukan oleh tim khusus di Kemenperin. Kami harus cek lagi soal statusnya,”jelasnya kepada KompasOtomotif hari ini, (26/6).

Meski demikian, Ignes menegaskan  waktu pasti (tanggal dan bulan) peluncuran belum bisa diberitahukan. ”Kemungkinan besar pertengahan tahun ini. Nanti kalau sudah fix, akan kami kabarkan," imbuh Ignes.

Sebagai generasi baru, Vespa 946 memang layak ditunggu. Bagian yang membuat mata harus memplototinya skuter ini adalah jok dengan desain futuristik. Hanya bagian depan yang menempel di bodi, tengah hingga belakang "melayang". Sekujur tubuh dibuat dari aluminium, terobosan Vespa yang selalu ngotot menggunakan pelat baja. 

Sumber tenaga, mengandalkan mesin 125 cc, berpendingin udara yang menghasilkan 12 PS @8.250 rpm dan torsi 9,4 Nm @7.000 rpm. Tiga klep digunakan (dua isap, satu buang). Posisi busi diubah untuk meningkatkan pendinginan dari kepala silinder. Tak kalah menarik, Piaggio juga memasang Anti-lock Braking System (ABS) dan Anti Slip Regulation (ASR)! 


Editor : Zulkifli BJ