Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha dan Piaggio Kena Denda Emisi

Kompas.com - 14/06/2013, 11:37 WIB

Kalifornia, KompasOtomotif - Badan Penaggulangan Udara California (CARB) mengeluarkan sanksi denda kapada empat perusahaan di industri sepeda motor, yaitu Yamaha, Piaggio, produsen knalpot Vance&Hines (V&H) dan Akrapovic Amerika. Mereka dinilai tidak memenuhi aturan menyangkut standar emisi gas buang yang berlaku di Kalifornia, Amerika Serikat.

Aprilia, salah satu model Piaggio, ternyata belum punya sertifikasi hasil pemeriksaan kadar emisinya sesuai regulasi dan wajib membayar denda 175.000 dolar AS (Rp 1,72 miliar) karena dilengkapi sistem kalibrasi dan pengatur emisi yang dilarang di Kalifornia.

Sepekan sebelumnya, Yamaha Motor Corporation juga dikenakan denda karena mengimpor 23 generator portable yang standar emisinya di bawah ketentuan ke Kalifornia. Bedanya, Yamaha mengumumkan sendiri kesalahannya ini dan langsung bersedia membayar denda lebih ringan, 44.625 dolar AS (Rp 441,19 juta).

Knalpot V&H terbukti menjual secara ilegal knalpot yang tidak sesuai standar peraturan dan wajib membayar denda terbesar, sampai 500.000 dollar (Rp 4,94 miliar) AS sedangkan Akrapovic dengan dugaan yang sama, dibabani 88.000 dolar AS (Rp 869,6 juta). Pihak berwenang akan menguhubungi konsumen yang sudah membeli knalpot dan menggantinya dengan produk yang sudah dilengkapi dengan konverter katalis.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com