Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erzbergrodeo, Event Otomotif Paling Ekstrem Sedunia (Video)

Kompas.com - 14/06/2013, 11:30 WIB

Styrian, KompasOtomotif – Mungkin Erzbergrodeo tergolong salah satu event motorsport terberat di dunia. Di sinilah para penggila balap ketahanan dunia berkumpul. Bosan menerabas hutan, arena yang sudah berlangsung sejak 1995 dan terus diadakan setahun sekali bertempat di bekas tambang bijih besi di kawasan pegunungan Alps Eisenerzer, kota Styrian, Austria bisa jadi pembuktian.
 
Balap dilangsungkan selama empat hari dan tiga hari pertama kualifikasi. Di 2013, event berlangsung pada 30 Mei hingga 2 Juni lalu. Lebih dari 1.500 crosser ikut dalam agenda pemanasan (prologue)/ kualifikasi, di antaranya Iron Road Prologue, Red Bull Hare Cramble, Rocket Ride, Freestyle MX-Party, sampai One-on-One Rider Presentation. Dari jumlah itu, dipilih 500 terbaik dari berbagai prologue untuk ikut di Red Bull Hare Scrambler.

Rute rata-rata sepanjang 35 km, berubah setiap tahun. Yang berhasil masuk tahap ini biasanya butuh satu hingga dua jam menuju finis. Tapi ironisnya, hanya rata-rata 30-an peserta yang berhasil. Tahun ini malah lebih sedikit, hanya 14 crosser yang berhasil setelah melewati 20 check point!

Batu cadas, kerikil, tanjakan curam penuh batuan kecil yang licin, batu besar, tumpukan bekas galian yang tajam, pasir, lumpur, sangat berbahaya dan mengadu skill, fisik, serta kekuatan sepeda motor. Tentu, satu hal yang menarik setelah event ini adalah video hebat, khususnya dalam gerak lambat yang menunjukkan air, lumpur, atau bahkan air mata.

Wahai penggemar balap enduro, tonton ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com