Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vettel: F1 Kanada Cahaya Menuju Juara Dunia Empat Kali

Kompas.com - 11/06/2013, 15:56 WIB

Kanada, KompasOtomotif - Sebastian Vettel yang berhasil memenangkan F1 Kanada di sirkuit Gilles Villenueve, akhir pekan lalu, mengaku dirinya lebih menikmati kelegaan atas berbagai permasalahan yang dialami di Kanada selama ini, ketimbang kesuksesannya naik podium pertama. Bayangkan, prestasi spektakulernya merebut juara dunia tiga kali berturut-turut, pebalap andalan tim Infiniti Red-Bull Racing itu terus gagal setiap tampil di Kanada.

Kemenangan pertamanya di sirkuit Gilles Villeneuve - mantan pebalap Ferrari yang tewas pada 8 Mei 1982 saat latihan di sirkuit Spa-Francorchpams, Belgia, dan ayah dari Jacques Villenueve - dimaknai oleh pebalap asal Jerman itu sebagai cahaya terang menggondol mahkota juara dunia untuk keempat kalinya.

Peluang itu sangat terbuka, kendati perjalanan ke arah puncak perburuan masih panjang. Namun, dengan mengumpulkan 132 angka, ia kini memiliki keunggulan 36 angka dari pesaingnya Fernando Alonso.

"Jujur, saya begitu peduli dengan kemenangan ini," komentarnya. Menurutnya, tidak perlu seorang jenius untuk mengetahui kalau Anda mendapat leih banyak poin dari pada orang lain dan lomba masih panjang.

Diakui Vettel, dirinya berada pada posisi yang berbeda dengan tahun lalu. Balapan kali ini sangat seru, "Sementara Fernando (Alonso) sedikit beruntung di sana-sini dan kami mampu mengalahkannya," paparnya.

Setelah menaklukkan sirkuit Gilles Villeneuve, di antara semua lintasan yang menjadi rangkaian kejuaraan, tinggal yang di Amerika (sirkuit Austin) belum dikalahkan. Tapi yang jelas, target Red Bull dan Vettel menebus rasa sakit hati dua tahun lalu tertebuskan sudah.

Jadi, saat lomba 2011, Vettel tak hanya kecewa karena dikalahkan oleh Button. Tapi, juga gagal menerima grand prix dari panitia Montreal. "Jelas, kami punya balapan yang baik sebelumnya, tapi itu tidak datang bersama-sama untuk menang. Dua tahun lalu itu, memang kesalahan saya di lap terakhir dan saya membalasnya kali ini," tegas Vettel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com