Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”One Make Race” Honda CB150R Seru di Malang

Kompas.com - 10/06/2013, 00:15 WIB

Malang, KompasOtomotif – Gelaran Honda Racing Championship One Make Race (OMR) menampilkan Honda CB150R (One Make Race) adalah salah satu yang ditunggu. Selain menjanjikan warna lain, varian ini juga sedang ”panas” di pasar sepeda motor sport Indonesia. HRC Seri II di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jawa Timur (9/6) terpilih sebagai lokasi pertama dari tiga lokasi yang direncanakan.

PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan 20 unit CB150 baru, 15 unit untuk balapan, sisanya cadangan. Mesin dalam keadaan standar, AHM hanya memodifikasi knalpot, pijakan kaki, penggunaan piggyback, dan setelan kemudi disesuaikan dengan masing-masing pebalap.

Menurut Anggono Iriawan, Manajer Safety Riding dan Motorsport AHM, cukup banyak peserta yang berminat mengikuti ajang ini, namun karena jumlah sepeda motor terbatas, panitia harus melakukan seleksi. ”Kami lihat umur mereka, harus di bawah 20 tahun. Kuota ditutup berdasarkan peserta yang duluan mendaftar,” paparnya.

Karena semua spesifikasi sepeda motor sama, kemampuan dan mental pebalap adalah kunci untuk merai kemenangan. Dalam balapan pertama itu, akhirnya Andi Gilang dari tim Honda Daya KYT Federal Oil Walini Showa FIM Golden berhasil menjadi pemenang. Meski lintasan basah karena hujan, pemuda asal Subang itu mampu mempertahankan konsistensi dan berhasil mengatasi tekanan dari rekan setim Aditya Pangestu serta peraih juara ketiga, Roni Kurniawan dari tim Honda Daya Adicipta Helmi Hendra.

”Ada dua tujuan dalam OMR seperti ini. Pertama, menunjukkan sisi produk, bahwa sepeda motor sudah sangat bertenaga meski dalam kondisi standar. Kedua, menunjukkan skill pebalap, karena tunggangannya sama,” terang Anggono.

OMR Honda CB150R tidak bisa digelar di sembarang sirkuit. Ada syarat khusus, terutama lebar lintasan minimal 7 meter, dan tidak ada tikungan hairpin atau tusuk konde. Selain nongol di HRC, OMR ini juga sudah menjadi agenda rutin di Indospeed Race yang berlangsung lima seri di Sentul. Setelah Kanjuruhan, ada Purwokerto, dan Bandung yang akan menyelenggarakan gelaran serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com