Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Racing Championship Seri 2 Malang Digeber!

Kompas.com - 10/06/2013, 07:05 WIB

Malang, KompasOtomotif - Tingginya animo masyarakat Jawa Timur - khususnya Malang dalam olahraga balap sepeda motor - membuat PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), dealer utama Honda untuk Jatim dan NTT dipercaya PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi tuan rumah Honda Racing Championship (HRC) seri II tahun ini yang berlangsung Sabtu-Minggu (8-9 Juni).

Halaman parkir Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, dipilih dan disulap menjadi sirkuit buatan dengan panjang 1.100 meter, lebar sekitar 7 meter. Sirkuit ini juga menjadi salah satu dari tiga sirkuit buatan yang dipakai untuk menggelar One Make Race (OMR) Honda CB150 Streetfire selain Purwokerto dan Bandung.

Tema Where Champions Are Born, Race With One Heart dimanfaatkan untuk membuktikan ketangguhan dan kehandalan mesin Honda di arena balap. "Misi lain, mengurangi balapan liar dan melahirkan pembalap baru yang bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," jelas Suwito M, Presiden Direktur MPM.

Selain OMR Honda CB150, juga digelar HRC1 (bebek tune-up 125cc 4-tak seeded), HRC2 (bebek tune-up 110cc 4-tak seeded), HRC3 (bebek tune-up 125cc 4-tak pemula), HRC4 (bebek tune-up 110cc 4-tak pemula), HRC6 (bebek standar 110cc 4-tak pemula), dan HRC7 (matik standar sampai dengan 130cc terbuka).

HRC tahun ini menggelar 8 event (5 serie  dan 3 non-serie). Seri I digelar di Tangerang pada 28 April, diikuti event non-serie di Medan pada 5 Mei, seri II di Malang 9 Juni, dan non-seri di Banjarbaru pada 30 Juni. Setelah itu, digelar HRC seri III di Purwokerto  pada 25 Agustus, disusul HRC non-seri di Makassar pada 29 September, HRC seri IV di Tegal pada 3 November, dan final HRC di Jawa Barat pada 17 November.

Di setiap kota penyelenggaraan, AHM menggunakan timing system untuk mencatat waktu dan airfence buat keamanan penonton dan pembalap. Di samping itu, mulai tahun ini, bahan bakar yang digunakan mengacu pada peraturan kejurnas, yaitu Pertamax Plus. Ketentuan ini berlaku untuk kelas HRC1, HRC2, HRC6, dan HRC7. Buat tim balap yang bertanding di kelas ini, AHM memberikannya secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com