Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Swift Sport Tulang Punggung Kedua

Kompas.com - 07/06/2013, 06:38 WIB

Sepang, KompasOtomotif - Setelah diluncurkan di Malaysia, All New Swift Sport akan masuk pasar Indonesia tahun ini juga. Menurut Davy Tuilan, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Kompasotomotif di sela-sela peluncuran (6/6), hatchback termewah di keluarga Swift ini akan diperkenalkan bersamaan dengan gelaran pameran mobil IIMS 2013 di Kemayoran, Jakarta Pusat, September mendatang.

"Untuk Swift Sport ini akan kita datangkan CBU (completely built up) dari Jepang. Harganya, diperkirakan Rp300-an juta untuk manual, sedang matiknya ditambah sekitar Rp15 juta," ungkap Davy.

Davy menegaskan soal harga tersebut. Katanya, kalau dilihat dari sisi function benefit memang tinggi. Tapi, dari emotional benefit banyak didapat. "Seperti kekuatan mesin, struktur suspensi, kenyamanan, dan masih banyak lagi."

Bersama Ertiga, Swift Sport akan menjadi tulang punggung kebangkitan Suzuki mobil di tanah Air. Selain juga, untuk menjaga image. Dipilihnya Swift Sport, menurut Davy, permintaannya (demand) di Indonesia ada. "Hanya, suplai dari Thailand terbatas karena di negeri itu lagi booming."

Dipilih M16

Di pihak lain, Seiji Itayama, Managing Director SIS menambahkan bahwa di Jepang Swift Sport terjual 4.000 - 5.000 unit per bulan dengan harga Rp220 juta. Sedang di Indonesia, hatchback kompak yang dipasarkan sejak 2005 sampai kini sudah terjual 34.000 unit.

Itayama menjelaskan kepada KompasOtomotif mengenai pemilihan mesin baru M16A. "Sebetulnya, Suzuki punya dua pilihan, yakni M15A dan M16A. Namun untuk dynamic driving, akhirnya terpilih yang M16A (1.586 cc)," tegasnya.

Jantung pacu itu sendiri, lanjutnya, telah dikembangkan lagi untuk mengemudi dinamis. Di antaranya, tenaga yang bisa diandalkan dengan 136 PS dan torsi 160Nm serta pemakaian perbandingan gigi yang tepat, baik pada transmisi manual (6-speed) maupun matik (CVT 7-speed).
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com